Penerapan Nilai-nilai Religius Berbasis Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Islam (PPI) Darussalam Jember.

Holisatul Maufiyah, - (2021) Penerapan Nilai-nilai Religius Berbasis Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Islam (PPI) Darussalam Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
HOLISATUL MAUFIYAH_T20171342.pdf

Download (7MB)

Abstract

Holisatul Maufiyah, 2021: Penerapan Nilai-nilai Religius Berbasis Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Islam (PPI) Darussalam Jember. Kata Kunci : Nilai-nilai Religius, Moderasi Beragama Nilai religius merupakan sesuatu sifat atau hal yang terdapat dalam diri manusia yang berkaitan dengan keagamaan yang berupa ikatan atau hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Berangkat dari keprihatinan penulis terhadap pemahaman radikal yang saat ini banyak terjadi maka perlu adanya pendidikan atau pengajaran tentang nilai-nilai religius berbasis moderasi beragama. Karena moderasi beragama merupakan suatu sikap yang menentang tentang berlebihan dalam beragama dan dalam memahami ilmu agama. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai tawasuth berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember? 2) Bagaimana penerapan nilai tawazun berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember? 3) Bagaimana penerapan nilai tasamuh berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember? 4) Bagaimana penerapan Nilai Al-adil berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember.? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan nilai tawasuth berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember. 2) mendeskripsikan penerapan nilai tawazun berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember. 3) mendeskripsikan penerapan nilai tasamuh berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember. 4) mendeskripsikan penerapan nilai al-adil berbasis moderasi beragama di PPI Darussalam Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, qq wawancara dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan nilai tawasuth berbasis moderasi beragama telah diterapkan dalam kegiatan kajian kitab ta’limul muta’alim dan kitab bidayatul hidayah yang didalam pelaksanaannya pengajar memberi pemahaman kepada santri untuk bersikap tawasuth dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 2) penerapan nilai tawazun berbasis moderasi beragama telah diterapkan melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah yang di dalam pelaksanaannya santri mengaji, berdo’a, sehingga santri dapat berperilaku baik dan tidak radikal. Kedua, dalam kegiatan Muhadhoroh yang didalam pelaksanaannya pengurus mengadakan lomba yang bersifat keagamaan saja, namun juga mengadaan lomba yang bersifta umum. 3) penerapan nilai tasamuh berbasis moderasi beragama ini telah diterapkan melalui kegiatan gotong royong atau kerja bakti yang di dalam pelaksanaannya diikuti oleh semua santri yang berasal dari daerah dan memiliki sikap atau sifat yang berbeda, maka dalam kegiatan tersebut santri diharuskan saling menghargai dan menghormati agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan. 4) penerapan nilai al-adil berbasis moderasi beragama ini dilaksanakan pada saat kegiatan takziran (hukuman) ketika ada santri yang tidak mengikuti kegiatan sholat wajib berjamaah dan kegiatan kajian kitab dengan cara pengurus memanggil satu persatu santri yang tidak mengikuti kegiatan dan memberi hukuman sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pesantren, dan para santri yang melanggar mengikuti hukuman sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:42
Last Modified: 21 Jul 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item