IMPLEMENTASI WALIMAH PADA MASA PANDEMI VIRUS CORONA DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER PERSPEKTIF SADD AZ-ZARIAH

Daud, Tofani (2021) IMPLEMENTASI WALIMAH PADA MASA PANDEMI VIRUS CORONA DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER PERSPEKTIF SADD AZ-ZARIAH. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
S20171005_ Daud Tofani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Daud Tofani, 2021: Implementasi Walimah Pada Masa Pandemi Virus Corona di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Perspektif Sadd Az-Zariah.
Kata Kunci : Walimah,Virus Corona, Sadd Az-Zariah.
Walimah ursy adalah suatu pesta atau acara yang diselenggarakan atas dasar ungkapan rasa syukur atas pernikahan kedua mempelai. Walimah sering diadakan dengan cara berpesta dan mengundang banyak orang akan tetapi hal itu sudah tidak bisa dilakukan, karena adanya wabah virus korona yang menyerang seluruh penjuru dunia. Virus korona merupakan varian virus baru yang menyerang organ pernafasan.Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menanggulanagi wabah in, yaitu dengan cara mewajibkan pelaksanaan acara dengan menggunakan protokol kesehatan Sehingga walimah tidak bisa dilaksanakan sebagaimana biasanya, akan tetapi harus dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan. Ditemukan sebuah wilayah yang mana disana masih merupakan wilayah zona orange akan tetapi banyak ditemukan acara walimah yang tidak menggunakan protokol kesehatan.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan walimah pada masa pandemi virus corona di kecamatan Kaliwates kabupaten Jember dan untuk mengetahui pelaksanaan walimah pada masa pandemi virus corona di kecamatan Kaliwates kabupaten Jember perspektif sad az Zariah. Dari pemaparan ini lebih spesifiknya membahas mengenai bagaimana implementasi walimah pada masa pandemi virus korona di kecamatan Kaliwates dan bagaimana implementasi walimah pada masa pandemi virus korona di kecamatan Kaliwates perspektif Sadd Az-Zariah.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi:pelaksana walimah, tokoh masyarakat, petugas kesehatan dan satgas covid kabupaten Jember. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan walimah di kecamatan Kaliwates masih banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: mereka tidak mempercayai adanya virus yang mematikan ini dll. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan mafsadat yang lebih besar dari manfaatnya, sehingga hal tersebut harus dilarang dan dicegah. Untuk hukumnya yaitu apabila acara tersebut dilaksanakan tanpa menggunakan protokol kesehatan sama sekali dan dilaksanakan di daerah yang notabene masih berstatus zona orange maka hukumnya haram dan apabila dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan tapi Cuma setengahnya atau tidak seutuhnya seperti sudah memakai masker akan tetapi tempatnya masih berdesakan dll maka hukumnya yaitu makruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012806 Walimatul 'Ursy (Wedding Celebration)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Daud Tofani winda
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:58
Last Modified: 22 Jul 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item