Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Suami Isteri Terhadap Keikutsertaan Isteri dalam Mencari Nafkah Perspektif Hukum Islam(Studi Kasus Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik)

Hidayah, Fitrotul (2022) Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Suami Isteri Terhadap Keikutsertaan Isteri dalam Mencari Nafkah Perspektif Hukum Islam(Studi Kasus Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Fitrotul Hidayah_S20181072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga yang signifikan. Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi karena naiknya harga kebutuhan bahan pokok yang cukup tinggi, sehingga memaksa penduduk Desa Mojoasem untuk berusaha meningkatkan hasil panen dan Hasil lautnya. Fenomena yang seperti ini membuat para istri tidak tinggal diam. Mereka turut serta untuk membantu suami mencari nafkah dalam rumah tangganya. Namun terdapat suatu masalah yang patut dikaji yaitu sebuah fenomena yang menurut mereka sudah menjadi kebiasaan dikalangan keluarga petani dan nelayan. Fenomena itu adalah seorang istri dari petani dan nelayan yang mempunyai kewajiban untuk mengatur rumah tangga dengan sebaik-baiknya, turut membantu suami untuk bekerja mencari nafkah Keluarga. Akan tetapi, hal ini memunculkan permasalahan hukum Islam yang tidak sejalan dengan aturan dasar bahwa istri berhak menerima nafkah dari suami yang telah diatur di Indonesia dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan Sehingga penulis menemukan suatu alasan memilih lokasi di Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Mayoritas penduduknya adalah petani dan nelayan.
Fokus penelitian ini yakni apa yang melatar belakangi mengenai Apa yang melatar belakangi seorang isteri ikut serta mencari nafkah di Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik ? Bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami isteri dalam mencari nafkah di Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik ? Bagaimana hukum isteri yang membantu suami mencari nafkah dalam perspektif islam ?
Tujuan penlitian ini adalah menjelaskan tentang alasan seorang isteri ikut serta mencari nafkah di Desa Mojoasem Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Menjelaskan terkait pelaksanaan hak dan kewajiban suami isteri dan Hukum isteri dalam membantu suami mencari nafkah.
Dari permasalahan yang sudah ada, maka peneliti menggunkan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada penduduk desa Mojoasem. Pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data yakni mencari data, kemudian menjabarkan dan menarik kesimpulan.untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi jenis triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Peran isteri yang membantu mencari nafkah di desa mojoasem tidak hannya karena suami kurang optimal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga saja, namun dari kalangan yang cukup berada pun mayoritas isterinya bekerja untuk membantu mencari nafkah. Alasannya karena isteri ingin meringankan beban suami dan mengisi waktu luang dirumah, isteri dengan sukarela membantu suami sebagai wujud rasa taatnya untuk menyokong perekonomian. 2. Pelaksanaan hak dan kewajiban suami isteri terhadap keikut sertaan isteri dalam mencari nafkah di desa saya meski pendapatan suami besar atau kecil, suami tetap bertanggung jawab memberikan nafkah semampunya. Ketika isteri ikut serta membantu mencari nafkah Suami sangat ridho. Hal tersebut sudah menjadi pertimbangan antara suami dan isteri sehingga tidak terganggu antara hak dan kewajiban keduanya. 3. Pelaksanaan isteri yang membantu suami bekerja mencari nafkah diperbolehkan. Berlandaskan firman Allah SWT. Surat At-Tahrim ayat 6 dan pasal 77 ayat 2 KHI tentang suami isteri untuk saling membantu satu sama lain serta memenuhi asas kesukarelaan.

Kata Kunci : Hak dan Kewajiban, Nafkah, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Fitrotul Hidayah
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:29
Last Modified: 27 Jul 2022 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item