STRATEGI KEPEMIMPINAN KH. LUTFI AHMAD DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

yusuf, hamid (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KH. LUTFI AHMAD DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hamid Yusuf.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Hamid Yusuf, Dr.H. Hefni Zein, M.M. “Strategi kepemimpinan KH. Lutfi Ahmad dalam pengelolaan pondok pesantren di pondok pesantren madinatul ulum desa cangkring kecamatan jenggawah kabupaten jember”

Kata Kunci: Kepemimpinan KH. Lutfi Ahmad Pengelolaan Pondok Pesantren.

Pondok pesantren Madinatul Ulum merupakan lembaga pendidikan yang membahas dan mengkaji pendidikan keagamaan terutama agama islam. Pesantren yang juga terdapat sistem pendidikan nasional, zaman telah berubah dan seiring hal tersebut maka muncul pula persaingan dan tantangan di semua sektor kehidupan manusia. Disamping itu bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin berkembang dengan pesatnya. Menyikapi perkembangan zaman tersebut maka mengharuskan lembaga pendidikan pondok pesantren untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya, sehingga dapat mencetak para santri yang up to date, berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman. Pondok pesantren tidak hanya cukup membekali para santrinya dengan ilmu agama tetapi juga harus dengan ilmu pengetahuan umum termasuk berbagai macam ilmu keterampilan (Life skill).
Fokus masalah penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana strategi kepemimpinan KH. Luthfi Ahmad dalam mengelola Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangkring Kabupaten Jember? 2. Faktor apa yang mendukung dan penghambat strategi kepemimpinan KH. Luthfi Ahmad dalam mengelola Pondok Pesantren Madinatul Ulum Desa Cangkring Kabupaten Jember?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif jenis deskriptif, dimana peneliti dapat menceritakan dan memaparkan fenomena yang ada di lapangan secara luas tanpa ada rekayasa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Pembahasan dalam kajian ini menjelaskan bahwa kepemimpinan KH. Lutfi Ahmad dalam pengelolaan pondok pesantren madinatul ulum . Pondok Pesantren Madinatul Ulum ini meskipun terletak di desa, pondok pesantren ini telah menunjukkan kemajuan yang pesat selama beberapa tahun belakangan. selain mempunyai Pondok Pesantren Putra-Putri ber-asrama namun juga dilengkapi dengan pendidikan komputer, organisasi dan kepemimpinan, keterampilan (handy craft), pertanian, peternakan dan koperasi. Pondok pesantren madinatul ulum aktif dalam berbagai event dan sering kali mendapatkan prestasi dibalik perihal tersebut masih banyak permasalahan yang timbul di pesantren seperti kurang aktifnya pembelajaran, kurang disiplinnya santri, adanya santri yang sulit diatur, serta adanya pengaruh luar lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Hamid Yusuf
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:15
Last Modified: 22 Jul 2022 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item