Strategi Orang Tua dalam Membina Kemandirian Anak Down Syndrome

Achmad, Fanani (2022) Strategi Orang Tua dalam Membina Kemandirian Anak Down Syndrome. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
STRATEGI ORANG TUA DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Orang Tua, Pembinaan Kemandirian, Anak Down Syndrome.
Strategi orang tua adalah suatu usaha dalam mendidik anak agar dapat berkembang dan mencapai kemandirian. Peran orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak sangat penting karena berpengaruh dalam pembentukan perilaku dan karakter anak. Pencapaian kemandirian tertentu juga berdasarkan kemampuan orang tua dalam mendidik anak.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi orang tua dalam membina kemandirian anak down syndrome? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi orang tua dalam membina kemandirian anak down syndrome?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk medesripsikan strategi orang tua dalam membina kemandirian anak down syndrome. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi orang tua dalam membina kemandirian anak down syndrome.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Peneliti memperoleh kesimpulan 1) strategi orang tua dalam membina kemandirian anak down syndrome baik fisik maupun psikolgis tidak bisa dilakukan dengan memberi inturksi secara langsung akan tetapi melalui perantara dengan perbuatan yang dicontohkan oleh orang tua. metode mendidik semacam ini perlu dilakukan secara berulang ulang agar anak mampu memahami maksud dari orang tua. karena jika tidak dilakukan secara berulang-ulang maka anak tersbut akan lupa mengingat anak down syndrome memiliki intelektual yang rendah. 2) faktor pendukung meliputi konsep diri, metode pembinaan orang tua, guru, peran aktif dari saudara kandung. Sedangkan untuk faktor penghambat meliputi orang tua, lingkungan, guru, kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Achmad Fanani Al Arifin
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:53
Last Modified: 27 Jul 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11316

Actions (login required)

View Item View Item