Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengembangan Budaya dan Pusat Kegiatan Pembelajaran Biologi di MA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022

Bagus Zam Zami, Mohammad (2022) Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengembangan Budaya dan Pusat Kegiatan Pembelajaran Biologi di MA Negeri 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD BAGUS ZAMZAMI T20158026.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Mohammad Bagus Zam Zami, 2022: Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengembangan Budaya dan Pusat kegiatan pembelajaran Biologi Di MA Negeri 1 Probolinggo.

Kata kunci: Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Pengembangan Budaya, Pusat Pembelajaran Biologi.

Kerusakan lingkungan yang diakibatkan perilaku destruktif manusia terhadap alam juga terjadi di Indonesia, dari wilayah perkotaan sehingga pedesaan. Permasalahan kerusakan lingkungan yang terjadi yaitu rusaknya habitat flora dan fauna, peningkatan suhu dan polusi, hilangnya pemandangan hijau, penurunan lahan hijau dan pencemaran udara, air, tanah yang disebabkan oleh limbah rumah tangga maupun limbah industri. Sekolah menjadi fasilitator dalam menanamkan karakter peduli lingkungan, baik melalui pengembangan budaya maupun dalam kegiatan pusat belajar. Salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan adalah MA Negeri 1 Probolinggo.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pelaksanaan karakter peduli lingkungan di MA Negeri 1 Probolinggo? 2) Bagaimana strategi pelaksanaan karakter peduli lingkungan melalui pengembangan budaya di MA Negeri 1 Probolinggo? 3) Bagaimana strategi karakter peduli lingkungan melalui pusat kegiatan pembelajaran Biologi di MA Negeri 1 Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di MA Negeri 1 Probolinggo. 2) untuk mengetahui strategi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pengembangan budaya di MA Negeri 1 Probolinggo. 3) untuk mengetahui strategi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pusat kegiatan pembelajaran Biologi di MA Negeri 1 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mendukung dan menanamkan karakter kepedulian lingkungan di MAN 1 Probolinggo, sekolah melaksanakan banyak kegiatan yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan pada peringatan hari besar lingkungan, kegiatan pemanfaatan barang bekas hingga pemanfaatan air dan energi. Saat proses pembelajaran biologi pun dikenalkan nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui pusat kegiatan belajar sebagai bekal utama menambah wawasan tentang lingkungan. Dalam semua strategi pelaksanaan kegiatan kepedulian lingkungan yang sudah dilakukan, akhirnya menjadikan output yang memiliki karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060604 Comparative Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mohammad Bagus Zam zami
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:45
Last Modified: 22 Jul 2022 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item