Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku Di Madrasah Aliyah Negeri MAN Bondowoso

Hilwah, Bintana Alin (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku Di Madrasah Aliyah Negeri MAN Bondowoso. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
Bintana Alin Hilwah 203206010011.pdf
Restricted to Registered users only until 25 July 2022.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Menciptakan budaya literasi dalam gerakan literasi sekolah di madrasah memang telah menjadi bagian pengembangan yang dilakukan madrasah. Terciptanya budaya literasi di madrasah salah satunya karena menerapkan model kepemimpinan. Model kepemimpinan yang digunakan oleh kepala MAN Bondowoso yaitu model kepemimpinan transformasional dan model kepemimpinan path-goal. Literasi dasar mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.

Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso?. 2) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso?. 3) Bagaimana Hasil yang Dicapai Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso; 2) Mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso; 3) Mengetahui Hasil yang Dicapai Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN Bondowoso.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, pembina sabha pena, dan siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian meliputi: 1) Dalam penerapan model kepemimpinan kepala madrasah menerapkan model kepemimpinan transformasional dan model kepemimpinan jalur-tujuan (path-goal). 2) Faktor pendukung terciptanya budaya literasi melalui program resensi buku di MAN Bondowoso adalah sarana dan prasarana di madrasah yang cukup memadai. Disedikannya wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Faktor penghambat yang terjadi dalam membudayakan literasi adalah bergesernya minat baca yang awalnya dari buku berpindah melalui platform digital; 3) Hasil nyata dari adanya budaya literasi melalui program resensi buku adalah karya yang telah diterbitkan di media massa seperti Barata Pos dan Jawa Pos serta diterbitkan dimedia online.

Kata Kunci: model kepemimpinan, budaya literasi

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Bintana Alin Hilwah
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:18
Last Modified: 22 Jul 2022 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item