Analisis Yuridis Keluarga Berencana Menurut Perspektif Tokoh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Jember dan Implementasinya Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga

Wafi Fajrut Sholah, Moch Ifton (2022) Analisis Yuridis Keluarga Berencana Menurut Perspektif Tokoh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Jember dan Implementasinya Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Moch Ifton Wafi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Moch Ifton Wafi F. S, 2022: “Analisis Yuridis Keluarga Berencana Menurut Prespektif Tokoh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Jember dan Implementasinya Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga”.

Kata Kunci: Keluarga Berencana, Tokoh Majelis Ulama Indonesia, Keharmonisan.

Kependudukan merupakan permasalahan yang berdampak luas bagi masyarakat di sebuah negara. Dengan adanya pertumbuhan penduduk yang besar merupakan modal bagi sebuah negara karena terdapat Angkatan kerja yang sangat besar, di lain sisi dengan adanya pertumbuhan yang besar merupakan permasalahan bagi sebuah negara karena pemerintah harus menyediakan kebutuhan premier maupun sekunder masyrakatnya. Oleh sebab itu pemerintah membuat undang – undang nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Dalam undang – undang tersebut dijelaskan bahwasanya keberhasilan dalam mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk serta keluarga akan memperbaiki berbagai aspek dalam kehidupan. Selain itu salah satu tujuan menikah adalah untuk meneruska keturunan dan membentuk keluarga yang harmonis.
Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu: 1. Apakah Keluarga Berencana sesuai dengan Undang - Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Undang – Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan berdampak pada keharmonisan rumah tangga di Kabupaten Jember. 2. Bagaimana pandangan Tokoh MUI di Kabupaten Jember tentang implementasi keluarga berencana (KB) terhadap keharmonisan rumah tangga di Kabupaten Jember dengan
Tujuan penelitian sebagai berikut 1. Untuk mengetahui dampak Keluarga Berencana sesuai dengan UU No 52/2009 dan UU perkawinan bagi keharmonisan rumah tangga di Kabupaten Jember. 2. Untuk mengetahui pandangan Tokoh MUI di Kabupaten jember tentang implementasi keluarga berencana (KB) terhadap keharmonisan rumah tangga masyarakat Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berjenis kualitatif dimana nantinya akan menghasilkan data deksritpif berupa data data tertulis maupun secara lisan dari beberapa informan, dan penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat yuridis empiris karena hukum merupakan suatu gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah keluarga berencana menurut Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Undang - Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan sudah berdampak terhadap keharmonisan rumah tangga di Kabupaten Jember. Dan juga kb boleh dilaksanakan sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan keharmonisan dalam sebuah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Moh Ifton Wafi
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:52
Last Modified: 26 Jul 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11328

Actions (login required)

View Item View Item