“Pengembangan Monografi untuk Mengidentifikasi Keanekaragaman Tumbuhan Berbasis Kearifan Lokal di Lingkungan Kampus IAIN Jember"

Hasanah, Rafiatul (2020) “Pengembangan Monografi untuk Mengidentifikasi Keanekaragaman Tumbuhan Berbasis Kearifan Lokal di Lingkungan Kampus IAIN Jember". [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN DAN LAMPIRAN (LENGKAP) 2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan buku monografi berdasarkan hasil identifikasi keanekaragaman tumbuhan berdasarkan klasifikasi ilmiah dan pengetahuan lokal, dan 2) Mendeskripsikan hasil kualitas monografi keanekaragaman tumbuhan berbasis pengetahuan lokal di UIN KHAS Jember yang telah dikembangkan yang diukur dengan hasil validasi dari para validator dan angket respon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan pendidikan (Edu¬cation Research and Development/ R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahap evaluation tidak dilakukan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) angket validasi untuk ahli materi dan ahli media, dan (2) angket respon mahasiswa. Ahli dalam penelitian ini ada tiga yaitu 2 ahli materi dan 1 ahli desain media. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Kelayakan buku monografi berdasarkan uji ahli (validator materi dan desain modul) yang dikembangkan memiliki skor pada komponen kelayakan isi adalah sebesar 93,05%, komponen kelayakan bahasa adalah 95,83% dan komponn kelayakan fisik/grafis adalah 91,67%. Nilai tersebut menunjukkan bahawa buku monografi yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah klasifikasi mahkluk hidup pada prodi Tadris IPA FTIK UIN KHAS Jember. Hasil uji coba respons sebesar 90% yang menunjukkan bahwa kriteria nilai berada pada kriteria sangat baik/sangat menarik untuk digunakan sebagai salah satu buku rujukan dalam belajar mata kuliah klasifikasi tumbuhan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Rafiatul Hasanah
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:05
Last Modified: 22 Jul 2022 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item