Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Tinggal di Rumah Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi.

Lita Sunna Latifah, - (2021) Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Tinggal di Rumah Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Lita Sunna Latifah_T20178066.pdf

Download (74MB)

Abstract

Lita Sunna Latifah, 2021: Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Tinggal di Rumah Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi. Kata Kunci: Motivasi Belajar Biologi, Hasil Belajar Biologi, Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren, Siswa yang Tinggal di rumah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan lingkungan tempat tinggal siswa di MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi. Ada siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di rumah. Siswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki beban belajar yang lebih besar dari pada siswa yang tinggal di rumah dikarenakan siswa yang tinggal di pondok pesantren selain mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah juga berkewajiban untuk mengikuti seluruh aktifitas pondok pesantren. Sedangkan siswa yang tinggal di rumah tinggal bersama orangtua dan hanya memilki beban belajar di sekolah. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah perbedaan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA di MA Unggulan Mambaul Huda Krasak Banyuwangi yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren dan tinggal di rumah? 2) Adakah perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MA Unggulan Mambaul Huda Krasak Banyuwangi yang bertempat tinggal di Pondok Pesantren dan tinggal di rumah?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA MA Unggukan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi yang tinggal di pondok pesantren dan tinggal di rumah. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi yang tinggal di pondok pesantren dan tinggal di rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Unggulan Mamba’ul Huda Banyuwangi yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Dispropotional Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 35 siswa yang tinggal di rumah. Analisis uji Hipotesis motivasi dan hasil belajar menggunakan Statistik Parametrik dengan rumus Independent z-test program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Berdasarkan analisis data motivasi belajar dengan menggunakan uji beda z-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren dan tinggal di rumah di tunjukan dengan taraf signifikan 0,00 ˂ 0,05. 2) Berdasarkan analisis data hasil belajar dengan menggunakan uji beda z-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren dan tinggal di rumah di tunjukan dengan taraf signifikan 0,030 ˂ 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:12
Last Modified: 22 Jul 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item