Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nawa Kartika Jenggawah-Jember

Ummu, Lailatul Mukarromah (2022) Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nawa Kartika Jenggawah-Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ummu Lailatul Mukarromah. T20153061-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ummu Lailatul Mukarromah. 2022:Implementasi Manajemen Mutu dalam
peningkatan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nawa Kartika JenggawahJember.
Manajemen mutu madarasah ibtidai‟iyah meliputi perencanaan madrasah
ibtidaiyah yang bermutu, memiliki kendali mutu yang dapat mengendalikan mutu
lulusan, memiliki kegiatan pengembangan sumber daya dan lulusan, serta
dipimpin oleh seorang kepala madrasah yang memiliki kompetensi keilmuan di
bidangnya. Kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan
perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam
melaksanakan tugas profesionalnya. Dari segi keterampilan, seorang guru harus
menguasai keterampilan mengajar yaitu: menanya, memperkuat dan memimpin
variasi mengajar Dalam proses belajar mengajar, guru berperan sebagai pengarah
sekaligus fasilitator aktor dan merupakan faktor yang sangat dominan dalam
menentukan keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
peningkatan kompetensi mutu gurudi madrasah ibtidaiyah Nawa Kartika?. 2)
Bagaimana pelaksanan peningkatan kompetensi guru di madrasah ibtidaiyah
Nawa Kartika?.3) Bagaimana evaluasi peningkatan mutu guru di MI Nawa
Kartika?. 4) Bagaimana tindak lanjut peningkatan mutu guru di MI Nawa
Kartika?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan
peningkatan mutu guru di MI Nawa Kartika. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan
peningkatan mutu guru di MI Nawa Kartika. 3) Mendeskripsikan evaluasi
peningkatan mutu guru di MI Nawa Kartika. 4) Mendeskripsikan tindak lanjut
peningkatan mutu guru di MI Nawa Kartika.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis
partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi
dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation,
display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian, yaitu: 1) Perencanaan peningkatan mutu guru di MI
Nawa Kartika Jenggawah- Jember yaitu: Manajemen mutu yang ada di MI Nawa
KartikaJenggawah-Jember yaitu mengatur segala kegiatan yang ada di sekolah
dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut yang dilakukakan
oleh kepala sekolah terhadap guru/pendidik. 2) pelaksanaan yang digunakan oleh
pendidik yaitu menerapkan pembelajaran yang diperoleh di KKG. 3) evaluasi
peningkatan mutu guru dilakukan pada hasil rapat akhir tahun. 4) tindak lanjut
dalam peningkatan mutu guru tersebut ada dalam evaluasi yang di adakan di rapat
akhir semester. Maka tindak lanjut tersebut berfungsi untuk mengetahui seberapa
mengertinya siswa dalam memahami konsep pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Ummu Mukarromah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:28
Last Modified: 10 Aug 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item