Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021.

Zainullah, - (2021) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan Program StudiPendidikan Agama Islam.

[img] Text
ZAINULLAH_T20151334.pdf

Download (5MB)

Abstract

Zainullah, 2021, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Lingkungan sekolah, Sumber Belajar, Hasil Belajar Lingkungan merupakan sumber belajar yang banyak pengaruh terhadap proses pembelajaran yang berlangsung, Lingkungan sekolah adalah lingkungan tempat terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan secara sistematis, terprogram dan terencana, Tujuan pemanfaatan lingkungan sekolah agar pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan dan siswa lebih paham benda-benda yang ada disekitar lingkungan sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021? 2).Apa saja peluang dan tantangan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah ahlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah 1).mendeskripsikan Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021? 2).mengetahui peluang dan tantangan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah ahlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021? Untuk mengidentifikasi fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualtatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian. Adapun pengumpulan datanya menggunakanteknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan.1)Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso yaitu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memenfaatkan sampah untuk dilestrarikan dengan tumbuhan. 2)peluang dan tantangan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII MTs Nurul Fata Botolinggo, Bondowoso yaitu harus berorentasi pada tujuan pembelajaran yang akan di capai selain itu juga harus disesuaikan dengan situasi atau kondisi dimana proses pembelajaran tersebut akan berlangsung agar pembelajaran kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:11
Last Modified: 22 Jul 2022 09:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item