Pengaruh Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Penginapan Syariah Dengan Preferensi Sebagai Variabel Intervening (Studi di Welaran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah Banyuwangi)

Albastomi, Abu Yazid (2022) Pengaruh Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Penginapan Syariah Dengan Preferensi Sebagai Variabel Intervening (Studi di Welaran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah Banyuwangi). Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABU YAZID AL BASTOMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Albastomi, Abu Yazid. 2022. Pengaruh Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap keputusan membeli Jasa Penginapan Syariah Dengan Preferensi Sebagai Variabel Intervening (Studi di Welaran Homestay Syariah Dan Ritma Guest House Syariah). Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Khamdan Rifa’i S.E., M.Si., Pembimbing II: Dr. Abdul Rokhim S.Ag., M.EI
Kata Kunci: Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Pelayanan, Harga, Preferensi, Keputusan Pembelian.
Keputusan pembelian yang ada dalam diri konsumen merupakan fenomena yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran, keputusan membeli merupakan suatu perilaku konsumen yang melandasi suatu pembelian yang hendak dilakukan.
Rumusan masalah penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi pada latar belakang yaitu pengaruh penerapan prinsip syariah (X1), kualitas pelayanan (X2), Harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y), dan Preferensi (Z).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara parsial variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan prinsip syariah (X1), kualitas pelayanan (X2), Harga (X3) terhadap keputusan pembelian (Y), dan Preferensi (Z).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tertutup. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non probability sampling yang berbentuk accidental sampling sebanyak 110 responden. Adapun analisa data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, yang mana dalam analisis inferensial peneliti menggunakan path analisis. Namun sebelum itu peneliti akan menguji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Hasil dari penelitian ini, bahwa penerapan prinsip syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi pada pelanggan penginapan Waleran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah di banyuwangi. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap preferensi pada pelanggan penginapan Syariah di banyuwangi. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi pada pelanggan penginapan Syariah di Banyuwangi. Variabel penerapan prinsip syariah berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli jasa penginapan Waleran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah di banyuwangi. Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli jasa penginapan Waleran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah di Banyuwangi. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap minat pada pelanggan penginapan Waleran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah di Banyuwangi. Variabel preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli jasa penginapan Welaran Homestay Syariah dan Ritma Guest House Syariah di Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: abu yazid albastomi
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:09
Last Modified: 22 Jul 2022 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item