PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT PROFIT DAN TINGKAT RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP TINGKATPERTAMBAHAN JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER TAHUN 2020

Faqih, Muhammad (2022) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT PROFIT DAN TINGKAT RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP TINGKATPERTAMBAHAN JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER TAHUN 2020. PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT PROFIT DAN TINGKAT RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP TINGKAT PERTAMBAHAN JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG JEMBER TAHUN 2020. p. 100.

[img] Text
MUHAMMAD FAQIH fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penabung pada umumnya memiliki sifat profit motif yaitu dimana apabila tingkat suku bunga pada bank konvensional lebih tinggi dari tingkat Profit maka nasabah akan lebih memilih untuk menyimpan dananya pada Bank Konvensional. Selain itu masyarakat juga merasa dengan menabung pada Bank Syariah akan memberikan jaminan suatu investasi yang halal, untuk itu nasabah lebih tertarik mendepositokan dananya pada Bank Syariah. Dalam penelitian ini menggunakan deposito mudharabah per bulan karena sesuai dengan peraturan Bank Indonesia dimana setiap perbankan wajib untuk melaporkan dana pihak ketiganya per bulan. Untuk itu bank harus mampu mengelola dana secara optimal karena dana bank yang optimal akan memberikan ruang gerak yang cukup bagi pihak perbankan baik dalam aspek pembiayaannya maupun likuiditasnya.
Rumusan masalah yang akan menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Apakah tingkat suku bunga bank konvensional sebagai pembanding tingkat profit berpengaruh terhadap volume tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah? (2) Apakah tingkat profit berpengaruh terhadap tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah di Bank Muammalat Indonesia Kantor Cabang Jember? (3) Apakah tingkat risiko likuiditas berpengaruh terhadap tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah Bank Muammalat Indonesia Kantor Cabang Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tingkat suku bunga bank konvensional sebagai pembanding tingkat profit berpengaruh terhadap volume tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah. (2) Mendeskripsikan tingkat profit berpengaruh terhadap tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah di Bank Muammalat Indonesia Kantor Cabang Jember. (3) Mendeskripsikan tingkat risiko likuiditas berpengaruh terhadap tingkat pertambahan jumlah deposito mudharabah Bank Muammalat Indonesia Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis desktriptif dan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari library research dan internet research. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari statistik deskriptif, uji asumsi klasik, model regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat suku bunga bank konvensional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pertambahan deposito mudharabah pada Bank Muammalat Indonesia Cabang Jember, (2) Tingkat Profit berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertambahan deposito mudharabah berjangka 1 bulan pada Bank Muammalat Indonesia Cabang Jember dan (3) Resiko likuiditas berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap pertambahan deposito mudharabah pada Bank Muammalat Indonesia Cabang Jember.
Kata Kunci: Tingkat Suku Bunga, Tingkat Profit, Tingkat Risiko Likuiditas, Mudharabah

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Unnamed user with email Faqihqihfa@gmail.com
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:38
Last Modified: 26 Jul 2022 04:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11370

Actions (login required)

View Item View Item