Perlindungan hukum pemegang polis dalam sistem asuransi pemakaman pada kamboja.co.id

Moch. Imdhat, Ilham Robbani (2022) Perlindungan hukum pemegang polis dalam sistem asuransi pemakaman pada kamboja.co.id. Undergraduate thesis, Universitas Agama Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Imdhat Ilham Robbani_S20172090.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch. Imdhat Ilham Robbani, 2022: Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Polis Dalam Sistem Asuransi Pemakaman Pada Kamboja.co.id
Kata Kunci : Asuransi Pemakaman, Polis, Perlindungan Hukum
Salah satu damapak dari perkembangan era dimasa sekarang yakni dengan semakin banyak nya lembaga keuangan yang muncul dan banyak menawarkan produk-produknya yang semakain berfariasi salah satu nya yakni dengan adanya asuransi pemakan yang menjadi produk utama dari perushaan Kamboja yang ditawarkan melalui website resminya yakni Kamboja.co.id. kamboja sediri adalah penyedia proteksi pemakaman pertama di Indonesia yang Kamboja disini terdaftar dalam naungan PT. Niaga Karya Budiman. Adapun produk produk yang ditawakan oleh proteksi pemakaman ini yakni: “Pertama, Rangkaian Acara. Kedua, Lahan Pemakaman atau Tanah Pemakaman. Ketiga, Trasport Jenazah.”
Fokus penelitian yang diteliti ialah: 1) Bagaimana sistem klaim polis pada asuransi pemakaman pada Kamboja.co.id? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadappemegang polis asuransi pemakaman pada Kamboja.co.id?
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian studi kasus bersifat deskriptif analisis.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Sistem Dan Mekanisme Asuransi Pemakaman Pada Kamboja.co.id sebagai berikut: Pertama, peserta atau calon nasabah akan mendaftar asuransi atau proteksi pemakaman ini secara online melalui website resmi Kamboja.co.id setelah itu peserta atau nasabah akan menerima kartu anggota dengan format digital yang akan dikirimkan melalui email dan kartu anggota secara fisik akan diterima anggota setelah membayar premi selama satu tahun penuh. Kedua, ketika pemegang anggota meninggal dunia maka dari pihak tertanggung diharuskan melaporkan kepada pihak penggung melalui hotline perusahaan. Ketiga, ketika dari anggota keluarga tertanggung melakukan klaim pasca hari duka maka klaim yang diberikan kepada keluarga tertanggung hanya berupa uang. Keempat, menurut dari pihak perusahaan Kamboja bahwa proteksi pemakaman cukup berbeda dengan asuransi pemakaman. Meskipun proteksi sendiri adalah bagian dari asuransi itu sendiri. 2) Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Polis Pada Sistem Asuransi Pemakaman Pada Kamboja.co.id sebagai berikut: Pertama, di dalam pemenuhan hak-hak dari nasabah sebagian dari nasabah yang melakukan klaim pasca hari duka mengalami keterlambatan untuk mendapatkan klaim tersebut yang melebihi waktu yang disepakati. Kedua, dalam hal perlindungan hukum kepada nasabah atau konsumen perusahaan akan mengikuti regulasi yang berlaku. Ketiga, dalam hal ini jenis perjanjian atau klausul yang dipakai dalam menjalankan perjanjian ini adalah klausula baku yang mana isi dari perjanjian sudah disiapkan oleh pihak perusahaan sehingga nasabah hanya dijelaskan garis besarnya saja. Keempat, jangka waktu dalam memproses klaim menurut perusahaan menggunakan regulasi yang berlaku akan tetapi hal ini tidak sesuai dengan jenis produk yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Moch. Imdhat Ilham Robbani
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:37
Last Modified: 26 Jul 2022 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item