DAMPAK PSIKOLOGIS PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Kasus Di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi)

Syahadat, hairul (2022) DAMPAK PSIKOLOGIS PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Kasus Di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hairul Anwar Syahadat, Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hairul Anwar Syahadad, 2022 : Dampak Psikologis Pernikahan Di Bawah Umur Bagi Pasangan Suami Istri (Studi Kasus di Desa kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi)
Kata Kunci : , Dampak Psikologis, Pernikahan di Bawah Umur.
Pernikahan di bawah umur sering terjadi di lingkungan masyarakat, penyebabnya dari berbagai faktor antara lain ekonomi, pendidikan, orang tua lingkungan masyarakat, media masa, hamil di luar nikah, adat serta sosial. Kebanyakan suami istri yang menikah di usia muda dikatakan tidak dapat mencukupi atau belum tahu akan hak dan kewajiban suami istri. Hal tersebut rentan terjadi perselisihan, perceraian, kurang tanggung jawab, dan lain sebagainya. Fenomena tersebut juga terjadi di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut berdampak pada psikologis pasangan suami istri sehingga penulis meneliti dan meyusun dengan dua fokus masalah.
Skripsi ini disusun dalam fokus masalah: 1). Bagaimana fenomena pernikahan di bawah umur bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi ? 2). Bagaimana dampak psikologis dari pernikahan dini bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui fenomena pernikahan di bawah umur bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 2). Untuk Mengetahui dampak psikologis dari pernikahan di bawah umur bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian yang dipakai ialah pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kaulitatif, menggunakan dengan teknik, observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan.
Skripsi ini memiliki hasil: 1). Fenomena penyebab pernikahan di bawah umur bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi muncul karena faktor ekonomi keluarga, faktor pendidikan, faktor orang tua, faktor lingkungan masyarakat, dan lain-lain. 2). Dampak psikologis pernikahan di bawah umur bagi pasangan suami istri di Desa Kebonrejo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi diantaranya adalah emosi tidak stabil dan mental tidak stabil,kurang tanggungnya, dalam menyelesaikan masalah kurang bisa dalam menanganinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: men hairul syahadad
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:54
Last Modified: 27 Jul 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item