Konstruksi Realitas Sosial Pembangunan Jalan Rusak di Channel YouTube Pokoke Dukuhdempok Melalui Konten Demo Jalan Rusak

Mulyani, Nunung Tri (2022) Konstruksi Realitas Sosial Pembangunan Jalan Rusak di Channel YouTube Pokoke Dukuhdempok Melalui Konten Demo Jalan Rusak. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUNUNG_D20181107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nunung Tri Mulyani Putri, Konstruksi Realitas Pembangunan Jalan Rusak Di Channel Youtube Pokoke Dukuhdempok Melalui Konten Demo Jalan Rusak. Skripsi Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq. Dosen Pembimbing Ahmad Hayyan Najikh, M. Kom. I.
Channel YouTube Pokoke Dukuhdempok yang biasanya membuat konten promosi desa yang menghibur, menjelang akhir tahun 2021 mengunggah konten video yang menyinggung rencana pembangunan lapangan golf oleh Pemkab Jember dan membandingkannya dengan jalan akses antar desa yang rusak di Desa Dukuhdempok yang tak kunjung diperbaiki.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kreator channel YouTube Pokoke Dukuhdempok memahami realitas pembangunan jalan rusak?. 2) bagaimana channel YouTube Pokoke Dukuhdempok mengkonstruksi realitas jalan rusak yang dipahaminya dalam konten video demo jalan rusak?.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui cara kreator memahami realitas pembangunan jalan rusak yang dibuat konten. 2) mengetahui cara kreator channel YouTube Pokoke Dukuhdempok mengkonstruksi realitas sosial pembanguna jalan rusak di desa melalui konten video demo jalan rusak.
Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi konten untuk mengumpulkan data dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah narative dengan menggunakan metodologi analisis wacana. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi konten dan wawancara mendalam dengan subjek. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Dalam penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu 1) kreator channel YouTube Pokoke Dukuhdempok memahami isu jalan rusak karena prihatin dengan kondisi akses utama antar desa yang tak kunjung diperbaiki dan dikorelasikan dengan berita rencana pembangunan lapangan golf. Wacana pembangunan lapangan golf dipandang dipandang sebagai perilaku tidak memprioritaskan kepentingan umum. 2) channel YouTube mengkonstruksi realitas pembangunan jalan rusak yang dikorelasikan dengan rencana pembangunan lapangan golf sebagai bentuk pembangunan yang memprioritaskan kepentingan kalangan tertentu. Semua institusi pemerintah yang berkaitan harus bekerjasama melakukan pembangunan dengan serius.

Kata kunci: Kontruksi Realitas Sosial, Media Sosial dan Konten Video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
Depositing User: Nunung Tri Mulyani Putri
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:33
Last Modified: 25 Jul 2022 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11398

Actions (login required)

View Item View Item