Pandangan Alumni Jurusan Keagamaan MAN 1 Jember Terhadap Preferensi Calon Suami dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pemilihan Jodoh

Adhining Tyas, Wahyu Eka (2022) Pandangan Alumni Jurusan Keagamaan MAN 1 Jember Terhadap Preferensi Calon Suami dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pemilihan Jodoh. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WAHYU EKA ADHINING TYAS_S20181002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Preferensi calon suami penting untuk dimiliki bagi perempuan. Karena hal ini berpengaruh terhadap kehidupan setelah menikah. Ketentuan mengenai pemilihan terhadap calon jodoh pun telah banyak dijelaskan dalam syariat. Dan konsep mengenai implementasi keterlibatan orang tua yang benar dan baik telah dijelaskan dalam Islam.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana preferensi calon suami dan keterlibatan orang tua dalam pemilihan jodoh dari pandangan alumni jurusan keagamaan MAN 1 Jember angkatan 2017-2019?, 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terkait pandangan alumni jurusan keagamaan MAN 1 Jember angkatan 2017-2019 terhadap preferensi calon suami dan keterlibatan orang tua dalam pemilihan jodoh?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan preferensi calon suami dan keterlibatan orang tua dalam pemilihan jodoh dari pandangan alumni jurusan keagamaan MAN 1 Jember angkatan 2017-2019. 2) Untuk menganalisis tinjauan hukum Islam terkait pandangan alumni jurusan keagamaan MAN 1 Jember angkatan 2017-2019 terhadap preferensi calon suami dan keterlibatan orang tua dalam pemilihan jodoh.
Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: 1) Preferensi calon suami dari para narasumber yang diklasifikasikan menjadi dua, yakni preferensi utama: agama dan tanggung jawab. Lalu preferensi pendukung, yakni harta, nasab atau keturunan, fisik, menerima apa adanya dan kesuburan. 2) Keterlibatan orang tua yang diterapkan diketahui telah sesuai dengan syariat Islam. Hal yang mempengaruhi adalah kepercayaan terhadap anak dan bentuk tanggung jawab sebagai orang tua
Kata kunci: preferensi; calon suami; keterlibatan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Wahyu Eka Adhining Tyas
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:24
Last Modified: 10 Aug 2022 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item