Pengaruh Label Halal Awareness, Gaya Hidup, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik dengan Preferensi sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Lumajang

Maula, Fika Hidayatul (2022) Pengaruh Label Halal Awareness, Gaya Hidup, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik dengan Preferensi sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Lumajang. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKA HIDAYATUL MAULA_203206060011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Halal Awareness, Gaya Hidup, Brand Ambassador, Harga, Preferensi, Keputusan Pembelian.

Keputusan pembelian merupakan sebuah kegiatan masyarakat untuk membeli suatu produk agar keinginan dan kebutuhannya terpenuhi. Dalam menentukan sebuah keputusan pembelian produk, tidak akan lepas dari campur tangan konsumen. Hal ini karena perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari seorang konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah halal awarenesss berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen?; 2) Apakah gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen?; 3) Apakah brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen?; 4) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen?; 5) Apakah halal awarenesss berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen?; 6) Apakah gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen?; 7) Apakah brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen?; 8) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen?; 9) Apakah preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh halal awarenesss terhadap preferensi konsumen; 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap preferensi konsumen; 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap preferensi konsumen; 4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap preferensi konsumen; 5) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh halal awarenesss terhadap keputusan pembelian konsumen; 6) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen; 7) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen; 8) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen; 9) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh preferensi terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tertutup. Adapun analisa data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, yang mana dalam analisis inferensial peneliti menggunakan path analisis. Namun sebelum itu peneliti akan menguji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada preferensi konsumen produk kosmetik, variabel halal awareness, gaya hidup, brand ambassador, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen. Pada keputusan pembelian konsumen produk kosmetik, hanya gaya hidup, brand ambassador, harga, dan preferensi yang berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan halal awareness berpengaruh negatif serta tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fika Maula
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:41
Last Modified: 27 Jul 2022 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item