Strategi Rumah Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Banyuwangi

Amburika, Nudiya (2022) Strategi Rumah Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nudiya Amburika E20182142.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nudiya Amburika E20182142.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nudiya Amburika, M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I, 2022 : Strategi Rumah
Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) Di Kabupaten Banyuwangi.
Kreatifitas merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis.
Kretifitas merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang
bermakna. Dengan meningkatkan kretifitas usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM), suatu pelaku usaha juga dapat meningkatkan nilai jual suatu produk.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi
Rumah Kreatif dalam meningkatkan kreativitas UMKM di Kabupaten
Banyuwangi? 2) Bagaimana upaya Rumah Kreatif dalam memberikan pelatihan
packaging produk di Kabupaten Banyuwangi? 3) Bagaimana upaya Rumah
Kreatif dalam memberikan pendampingan digital marketing UMKM di
Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi Rumah Kreatif dalam
meningkatkan kreativitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di
Kabupaten Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan teknik
purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data
menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan1) Strategi meningkatkan kreativitas
UMKM di Kabupaten Banyuwangi dilakukan dengan beberapa alasan. Pertama,
strategi peningkatan kreativitas UMKM dilakukan untuk memenuhi apa yang
menjadi kebutuhan pelaku UMKM untuk meningkatkan kreativitasnya dalam
menciptakan suatu produk yang sesuai dengan selera konsumen. Kedua, strategi
peningkatan kreativitas UMKM dilakukan untuk memenuhi apa yang menjadi
selera konsumen sehingga dapat menarik perhatian konsumen; 2) Upaya Rumah
Kreatif dalam memberikan pelatihan packaging dilakukan secara offline dan
online. Selain itu, Rumah Kreatif juga memanfaatkan media sosial untuk tetap
memberikan pendampingan berupa pelatihan mandiri; 3) Upaya Rumah Kreatif
dalam memberikan pendampingan digital marketing dilakukan dengan cara
mendatangi langsung tempat pelaku usaha atau dengan memberikan
pendampingan secara massal. Selain itu, Rumah Kreatif juga memanfaatkan
media sosial untuk memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM.
Kata Kunci : Kreatifitas, Packaging, dan Digital Marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nudiya Amburika
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:38
Last Modified: 09 Aug 2022 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item