Strategi Komunikasi Penyiar Radio Kiss FM dalam Upaya Mempertahankan Jumlah Pendengar di Jember

Nurwati, Ika (2022) Strategi Komunikasi Penyiar Radio Kiss FM dalam Upaya Mempertahankan Jumlah Pendengar di Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Fitri Nurwati_D20171012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan seorang penyiar dalam kegiatan komunikasi secara efektif
banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. Di lain pihak jika tidak ada strategi komunikasi yang baik efek dari proses komunikasi (terutama komunikasi media massa) bukan tidak mungkin akan menimbulkan pengaruh negatif. Perkembangan pesat yang terjadi pada radio dan televisi dipengaruhi oleh banyak orang, satu diantaranya adalah penyiar. Penyiar merupakan orang yang berkonstribusi besar dalam penyajian suatu pesan pada acara radio dan televisi. Penyiar dipadukan dengan fungsi audio serta visual akan membuat acara terlihat lebih hidup dan interaktif. Penyiar adalah juru bicara stasiun radio siaran. Dibalik layar studio, penyiar juga mempunyai pekerjaan dan tugas lain sesuai
keterampilan yang dimilikinya. Dalam radio, penyiar diibaratkan sebagai citra radio, semakin cantik performa penyiar, maka semakin tampak kecantikan manajemen, kerja sama, dan standardisasi siaran yang ditetapkan radio tersebut. Fokus penelitian dalam skirpsi ini ialah : 1. Bagaimana strategi komunikasi penyiar radio Kiss Fm dalam upaya meningkatkan jumlah pendengarnya? 2. Bagaimana respon pendengar terhadap penyiar radio Kiss Fm Jember?Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah : 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi penyiarr Radio Kiss Fm dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pendengar 2. Untuk mengetahui strategi komunikasi penyiar Radio Kiss FM dalam meningkatkan jumlah pendengar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung serta online dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Strategi yang dilakukan untuk mempertahankan pendengar program unggulan yakni ada sebelas yaitu dengan menyajikan informasi yang update, tidak keluar dari konsep program, konsisten, sering mengupgrade program, mengetahui kebutuhan-kebutuhan pendengar, mengadakan evaluasi, meeting setiap bulan, penyiar yang akrab, survei kecil-kecilan, bekerjasama dengan media dan mengsupport kegiatan mahasiswa. (2) Respon para pendengar juga beragam jawaban, hal ini disebabkan oleh faktor perbedaan latar belakang, kebutuhan serta kepuasan sesuai pribadi mereka masing-masing seperti yang dijelaskan dalam teori Uses Gratification serta teori indivudual difference�.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Penyiar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Depositing User: Ika Fitri Nurwati
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:54
Last Modified: 27 Jul 2022 00:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item