MAKNA ANIME DALAM KEHIDUPAN SOSIAL GENERASI MILENIAL

Gunawan, Hasdian (2022) MAKNA ANIME DALAM KEHIDUPAN SOSIAL GENERASI MILENIAL. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BENAR WATERMAK HASBIAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Hasdian Gunawan, 2022 : Makna Anime Dalam Kehidupan Sosial Generasi Milenial
Pengaruh kebudayaan Jepang yang disebarkan melalui anime sudah merasuk di berbagai segi kehidupan masyarakat Indonesia, Dengan munculnya anime serta penyebaran yang semakin luas, anime menjadi kekuatan besar yang dimiliki Jepang untuk mengenalkan budayanya kepada dunia luar. Hal ini bisa dilihat melalui daya tarik penggemar anime untuk mengikuti budaya Jepang, tentunya membuat generasi muda menjadi penasaran dan tertarik dengan budaya yang dibawa anime (Jepang) serta tayangan anime tentunya akan membawa dampak terhadap penggemar anime.
Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Apa alasan yang mendorong generasi milenial mengkonsumsi anime?. 2) Bagaimana dampak yang dirasakan generasi milenial selama mengkonsumsi anime?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui alasan apa yang mendorong generasi milenial mengkonsumsi anime. 2) Mengetahui dampak yang dirasakan oleh generasi milenial selama mengkonsumsi anime.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Informan Ridfal, fadli, Aulia, dan Fahmi menyukai anime karena mereka membutuhkan ide untuk membuat sebuah karya, yang mana karya tersebut bisa dijual dan mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Informan Affandi, Farhan, Aulia, Wafa, Firda dan Diniyah menyukai anime karena lingkungan tenyata mempengaruhinya untuk menyukai anime, seperti circle pertemanan. Dari segi budaya, Informan Nauval, Viki, Felista menyukai anime karena adanya keinginan mempelajari budaya baru, anime mampu memperkenalkan budayanya dalam tayangan anime yang ditampilkan. 2) Dampak yang dirasakan setelah menonton anime oleh informan Firda, Affandi, dan Fitrah berupa kecanduan sehingga kurang dapat memanagemen waktu. Informan Fahmi, Farhan dan Ridfal merasakan dampak berupa keuntungan secara ekonomi dari hasil karya yang dijual dan dipublikasikan di media seperti konten instagram, serial komik dan stiker anime. Informan Rizalul dan Stave merasa menjadi anti sosial karena merasa dengan menonton anime sudah cukup menjadi media hiburannya dibanding harus keluar rumah untuk bersosialisasi dengan orang lain. Informan Stave dan Farhan mengaku memiliki ketertarikan pada budaya yang dibawa Anime berupa bahasa asing, norma kesopanan hingga gaya berpenampilannya.
Kata Kunci : Anime, Dampak, Generasi Milenial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Depositing User: Hasdian Gunawan
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:33
Last Modified: 26 Jul 2022 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item