Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember

Lailatul Qibtiyah, - (2021) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Lailatul Qibtiyah_T20171034.pdf

Download (9MB)

Abstract

Lailatul Qibtiyah, 2021: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Narapidana Narkotika Pada era globalisasi saat ini para remaja maupun orang dewasa seperti kehilangan arah dan tujuan hidup karena mereka banyak yang terjebak dalam penyalahgunaan narkotika. Banyaknya kasus narkoba ini salah satu dampak dari pergaulan dan lingkungan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dan iman yang kuat dalam pergaulan. Memilih teman (pergaulan) saat ini harus diimbangi dengan pembinaan iman dan takwa. Adanya realita tersebut, maka perlu adanya upaya untuk membina narapidana agar bisa berubah menjadi lebih baik lagi, agar bisa mengatasi masalah yang akan dialami di masa yang akan datang sehingga tidak akan terjerumus ke dalam lubang yang sama melalui pendidikan agama Islam. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perumusan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi narapidana narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Jember? 2) Bagaimana perumusan tujuan PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Jember? 3) Bagaimana strategi pembelajaran PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember? Tujuan penelitian menyesuaikan dengan fokus penelitian yang ada, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana perumusan materi PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana perumusan tujuan PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Jember. 3) Untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember. 4) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran PAI bagi narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga metode yakni, wawancara semiterstruktur, observasi semipartisipasi dan studi dokumen. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah di lembaga pemasyarakatan kelas II A Jember, materi PAI yang diajarkan bagi narapidana narkotika yaitu tentang akidah, syari’ah, akhlak, iqro’ dan al-Qur’an dengan tujuan untuk mengubah pola fikir narapidana dari yang negatif menjadi yang positif dari yang tidak tahu menjadi tahu dan memperkuat lagi iman mereka agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang sama. Untuk menumbuhkan motivasi belajar para narapidana, guru menggunakan strategi motivasi belajar eksternal seperti memberi reward, pujian dan hukuman. Hasil evaluasi dari para narapidana itu sendiri dilihat dari proses pemahaman menerima materi yang sudah diberikan oleh pembina kepada narapidana selama kurang lebih 3 bulan atau separuh hukuman para narapidana. Hal ini untuk melihat sudah sampai mana peningkatan ilmu para narapidana, seperti yang berawal dari yang belum bisa sholat menjadi sudah bisa dan sudah mengerti, yang awalnya belum bisa membaca al-Quran atau belum mengenal huruf-huruf hijaiyah menjadi tahu dan bisa membaca al-Qur’an dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:37
Last Modified: 26 Jul 2022 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item