Korelasi Olahraga Panahan dan Percaya Diri Atlet Remaja Pada Cabang Olahraga Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Cabang Jember

AN NADHILA, AULIA (2022) Korelasi Olahraga Panahan dan Percaya Diri Atlet Remaja Pada Cabang Olahraga Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AULIA ANNADHILA_WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aulia An nadhila, 2022: Korelasi Olahraga Panahan dan Percaya Diri Atlet Remaja Pada Cabang Olahraga Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Cabang Jember.
Percaya diri merupakan aspek penting yang dapat memberikan hal positif pada diri sendiri dengan dilatih dari hal yang menyenangkan. Salah satu media yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan melakukan olahraga. Banyak asumsi yang mengatakan salah satu manfaat olahraga panahan dapat meningkatkan percaya diri. Sedangkan yang terjadi dilapangan atlet membutuhkan motivasi dari ekternal untuk mendapat kepercayaan diri yang utuh.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada korelasi olahraga panahan dan percaya diri atlet remaja Perpani cabang Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara olahraga memanah dengan percaya diri atlet remaja Perpani cabang Jember.
Untuk mengidentifikasi pemasalahan tersebut, metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasional, dengan populasi atltet Perpani Jember sebanyak 80 orang. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling guna untuk memperoleh sampel yang sesuai dengan criteria atau yang dibutuhkan oleh peneliti. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 50 orang dengan pengambilan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala olahraga panahan dan skala percaya diri. Hasil penelitian dengan menggunakan korelasi product moment person bahwa nilai p(sig) 0,144 >0,05. Penelitian ini mendapat kesimpulan bahwa percaya diri memiliki tingkatan yang sangat rendah 24%, sedangkan 76% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan positif antara olahraga memanah danpercaya diri pada atlet remaja pada cabang olahraga panahan PERPANI cabang Jember.
Kata kunci : Panahan, Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170114 Sport and Exercise Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: AULIA AN NADHILA
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:29
Last Modified: 26 Jul 2022 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item