Implementasi Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat

Nurul Qoniah, - (2021) Implementasi Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NURUL QONIAH_T20171137.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nurul Qoniah, 2021. Implementasi Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat Kata Kunci: Pembelajaran, Pendekatan Humanistik, Pendidikan Agama Islam Pendekatan humanistik merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang lebih mengutamakan pengembangan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Pada proses belajar mengajar guru harus lebih mengarahkan siswa untuk berfikir kreatif yaitu siswa dituntut untuk mengembangkan sendiri materi ajar, mementingkan pengalaman, dan lebih mengutamakan siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk mengembangan potensi yang dimiliki siswa SMP Negeri 1 Kalisat ini memiliki cara tersendiri salah satunya yaitu sekolah ini membiasakan siswa untuk membawa barang yang bisa disedekahkan kepada orang lain. Dengan cara membiasakan siswa untuk melakukan hal kebaikan akan membantu siswa untuk mengembangkan potensi dirinya. Karena untuk mengembangkan potensi siswa tidak hanya dalam hal pengetahuan saja melainkan juga dalam hal kepribadian. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana implementasi pendekatan reflektif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. (2) Bagaimana implementasi pendekatan dialogis pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. (3) Bagaimana implementasi pendekatan progresif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan implementasi pendekatan reflektif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. (2) Mendeskripsikan implementasi pendekatan dialogis pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. (3) Mendeskripsikan implementasi pendekatan progresif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi data colection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verivication (penarikan kesimpulan). Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pendekatan reflektif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat yaitu dengan berbagai langkah yang dilakukan pertama yaitu pengenalan konteks, kedua penyajian pengalaman, refleksi yang dilakukan oleh siswa, ketiga aksi dari pewujudan hasil refleksi siswa, dan yang terakhir yaitu evaluasi. (2) Implementasi pendekatan dialogis pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat yaitu dengan menggunakan metode diskusi, selain itu untuk memancing siswa agar aktif dalam pembelajaran guru memberikan stimulus agar siswa bisa merespon dengan baik. (3) Implementasi pendekatan progresif pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat yaitu guru menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap 1. orientasi masalah, tahap 2. orientasi belajar, tahap 3. penyelidikan individual atau kelompok, tahap 4. pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, tahap 5. analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:32
Last Modified: 26 Jul 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item