NGAJI BARENG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDY UPAYA RUMAH TAKLIM ABABIL MEMBINA REMAJA DI LINGKUNGAN KALIPUTIH KECAMATAN GENTENG)

Setiawan, Yoga (2021) NGAJI BARENG SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDY UPAYA RUMAH TAKLIM ABABIL MEMBINA REMAJA DI LINGKUNGAN KALIPUTIH KECAMATAN GENTENG). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Yoga Setiawan WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pemberdayaan, Remaja.
Remaja merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang memiliki peluang potensi untuk berkembang dan rasa keingintahuan yang tinggi disertai dengan kecenderungan melakukan hal-hal yang menantang adrenalin yang bisa saja membahayakan dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Kontrol dan pengawasan terhadap mereka yang tidak diimbangi pembinaan yang tepat dan menarik akan mempengaruhi tumbuh kembang mereka yang tidak sesuai dengan harapan orang tua. Media pembinaan dalam upaya pemberdayaan kelompok remaja juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan untuk mengawal mereka mengembangkan potensi mereka dalam bermasyarakat,beragama dan bernegara di kemudian hari.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat remaja oleh lembaga Rumah Taklim Ababil di Kecamatan Genteng? 2) Apa faktor pendukung upaya pemberdayaan masyarakat remaja oleh lembaga Rumah Taklim Ababil di lingkungan Kaliputih Kecamatan Genteng? 3) Bagaimana dampak perubahan sosial masyarakat (Remaja) partisipan ngaji bareng sebagai media pemberdayaan?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pemberdayaan masyarakat (Remaja) oleh lembaga Rumah Taklim Ababil dan untuk mengetahui apa faktor pendukung upaya pemberdayaan masyarakat (Remaja) oleh lembaga Rumah Taklim Ababil serta bagaimana dampak perubahan sosial remaja objek pemberdayaan.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Sumber.
Dari hasil penelitian di Rumah Taklim Ababil bahwa ngaji bareng sebagai media pemberdayaan bersifat terbuka dan berkarakter milenial, dan mampu menarik minat masyarakat remaja lingkungan Kaliputih maupun luar daerah. (1) upaya pemberdayaan Rumah Taklim Ababil meningkatkan potensi diri melalui pelatihan-pelatihan keterampilan, mengadakan diskusi dan kajian keislaman muslim remaja, panggung budaya. (2) Beberapa faktor pendukung upaya pemberdayaan diantaranya ketersedian sarana dan prasarana, letak geografis, serta keterhubungan dengan komunitas-komunitas kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. (3) Upaya pembinaan yang dilakukan Rumah Taklim Ababil mampu mendorong perubahan sosial remaja dan masyarakat sekitar. Dengan perubahan karakter remaja santri yang semakin mandiri, mampu beradaptasi dengan masyarakat dan peka terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170204 Linguistic Processes (incl. Speech Production and Comprehension)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yoga Setiawan
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:22
Last Modified: 01 Aug 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item