Tri Pusat Pendidikan Dalam Membentuk Akhlak Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Pakuniran Maesan Bondowoso

Raudhatul, Jannah (2022) Tri Pusat Pendidikan Dalam Membentuk Akhlak Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Pakuniran Maesan Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
skripsi raudoh perpus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang penting dalam kehidupan manusia. Hal
ini terbukti dengan penyelenggaraan pendidikan yang kita alami. Lingkungan
sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
Lingkungan keluarga yaitu mengasuh dan membesarkan anak, sedangkan
lingkungan sekolah yaitu tempat mendidik dan meningkatkan pola pikir anak, dan
lingkungan masyarakat yaitu tempat anak bergaul dan bermain sehari-hari.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana fungsi pesantren sebagai
pendidikan keluarga dalam membentukan akhlak bagi santriwati di pondok
pesantren Darul Istiqomah pakuniran maesan bondowoso? 2) Bagaimana fungsi
pesantren sebagai lembaga pendidikan islam dalam membentuk akhlak santriwati
di pondok pesantren Darul Istiqomah pakuniran maesan bondowoso? 3)
Bagaimana fungsi pesantren sebagai pendidikan social masyarakat dalam
membentukan akhlak bagi santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah
pakuniran maesan bondowoso?
Adapun Tujuan Penelitian Adalah: 1) Untuk mengetahui fungsi pesantren
sebagai pendidikan keluarga dalam membentuk akhlak santriwati di Pondok
pesantren Darul Istiqomah. 2) Untuk mengetahui fungsi pesantren sebagai
lembaga pendidikan Islam dalam membentuk akhlak santriwati di Pondok
pesantren Darul Istiqomah. 3) Untuk mengetahui fungsi pesantren sebagai
pendidikan sosial masyarakat dalam membentuk akhlak santriwati di Pondok
pesantren Darul Istiqomah
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis
penelitian kualitatif, deskriptif dengan subjek penelitian dengan purposive
sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Miles and Huberman,
untuk menguji data keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Pesantren sebagai
pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak yaitu melalui: penanaman dasardasar keagamaan, menanamkan nilai norma, dan menanamkan norma sosial
kepada santri. 2) Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam
pembentukan akhlak yaitu melalui: program khusus yang dilaksanakan selain
program pendidikan formal dan juga melalui kegiatan berpidato menggunakan
tiga bahasa yaitu bahasa inggris, bahasa arab, dan bahasa Indonesia, serta
pembelajaran kitab tentang akhlak. 3) Pesantren sebagai pendidikan masyarakat
dalam membentuk akhlak yaitu melalui: sikap toleransi dan gotong royong, serta
adanya acara majlis ta‟lim, dan Acara Tahunan yaitu kegiatan Khataman Santri
Akhiru Sanah (Yudisium).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Raudhoh Raudhoh Jannah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:26
Last Modified: 10 Aug 2022 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item View Item