Implementasi Akad Ju'alah Dalam Aplikasi Tiktok (Mahasiswi UIN KHAS JEMBER)

Hijar, Ifyan (2022) Implementasi Akad Ju'alah Dalam Aplikasi Tiktok (Mahasiswi UIN KHAS JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Hijar Ifyan_S20172009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Akad Ju’alah, Imbalan dalam aplikasi Tiktok
Media sosial merupakan media online yang penggunanya bisa dengan mudah bergabung, berbagi, dan menciptakan karya dan sebagainya.dampak positif dari media sosial adalah memudahkan untuk berinteraksi dengan orang banyak, memperluas pertemanan, tidak terhalang oleh jarak dan waktu, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah interaksi secara tatap muka cenderung berkurang, membuat orang-orang menjadi ketagihat untuk mengakses internet, menyebabkan konflik, masalah pribadi, rentan terpengaruh buruk orang lain. Baru-baru ini banyak pemuda yang mengakses aplikasi Tiktok hanya untuk mendapatkan keuntungannya saja. permasalahannya ialah apakah proses dalam aplikasi Tiktok ini sudah sesuai dengan ajaran syariat ketentuan Islam atau tidak? apa saja ketentuan dari akad Ju’alah itu.
Fokus penelitianini mengkaji Implementasi Akad Ju’alah dalam Aplikasi Tiktok(mahasiswi UIN KHAS Jember).yaitu:1)Bagaimana cara mendapatkan imbalan dalam aplikasi Tiktok yang digunakan oleh mahasiswi UIN KHAS Jember.? 2) Bagaimana Impelementasi akad Ju’alah dalam aplikasi Tiktok?
Adapun tujuan penelitian 1) Bagaimanacara mendapatkan imbalan dalam aplikasi Tiktok 2) Bagaimana impelementasi akad ju’alah dalam aplikasi Tiktok.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di mahasiswi UIN KHAS Jember. Jenis penelitian Field Research, tehnik pengumpulan data: tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. adapun analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian adalah :1) Cara mendapatkan imbalan dalam Aplikasi Tiktok yang biasa digunakan mahasiswi UIN KHAS Jember yakni memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu diantaranya mendownload aplikasi, mengundang teman/pengguna baru atau menonton video selama bebarapa menit kemudian setelah berhasil melakukan sesuai perintah yang diberikan barulah akan mendapat imbalan atas apa yang telah dilakukan. 2) Impelementasi akad Ju’alah dalam aplikasi Tiktok sebenarnya sudah sesuai dengan ketentuan akad Ju’alah Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa seseorang atau pengguna baru yang diuandang tidak dalam keadaan terpaksa kemudian juga bukan dalam ancaman dari pengguna yang mengundang. Selanjutnya video atau konten yang dilihat dalam aplikasi Tiktok tidak boleh mengandung hal yang melanggar Syari’at seperti video yang ada unsur maksiat dan lain-lain yang sekiranya dilarang oleh Syari’at.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Hijar Ifyan Hijar Ifyan
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:22
Last Modified: 01 Aug 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item