Penerapan customer relationship management (crm) dalam menjaga loyalitas nasabah pada bpr nusamba rambipuji kabupaten jember

Septialini Agesta, Linda (2022) Penerapan customer relationship management (crm) dalam menjaga loyalitas nasabah pada bpr nusamba rambipuji kabupaten jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
linda watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Linda Agesta Septialini M.F.Hidayatullah,S.H.I.M.S.I. 2021: “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah Pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten jember”.

Customer Relationship Management (CRM) yaitu suatu proses perusahaan dalam mengelola informasi data individu pelanggan secara cermat dan terperinci demi memaksimalkan kesetiaan pelanggan.
Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk membentuk dan menciptakan loyalitas jangka panjang dengan pelanggan. CRM menekankan pada hubungan yang sangat dekat dengan pelanggan yang didasari oleh kepercayaan yang kuat. Kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dapat menciptakan komitmen yang merupakan syarat penting untuk menjalin suatu hubungan.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Customer Relationship Management dalam menjaga loyalitas nasabah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Apa saja kendala yang terjadi pada penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam menjaga loyalitas nasabah di BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember? 3) Bagaimana solusi atas kendala penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam menjaga loyalitas nasabah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Customer Relationship Management dalam menjaga loyalitas nasabah pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember 2) Untuk mendeskripsikan kendala yang terjadi pada penerapan Customer Relationship Management di BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember dalam menjaga loyalitas nasabah 3) Untuk mendeskripsikan solusi atas kendala penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1. penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada BPR Nusamba Rambipuji Kabupaten Jember sudah sesuai dengan teori yang ada yaitu dimensi people (orang), proses dan teknologi 2. kendala yaitu berasal dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang fresh graduate sangat minim dari pengalaman tentang negosiasi, kurang detail dalam menjelaskan kelebihan produk yang ada pada BPR Nusamba dan masih kurang dalam melakukan pendekatan pada nasabah dan kendala pada teknologi yang masih menggunakan komputer saja dalam melakukan transaksi 3. solusi bagi BPR Nusamba yaitu memberikan training pada karyawan dan menambahkan genset untuk menunjang kelancaran kinerja karyawan.

Kata Kunci: Customer Relationship Management, Kendala, Solusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Depositing User: Linda Agesta Septialini
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:51
Last Modified: 02 Aug 2022 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item