PENERAPAN MEMBACA AL-QURAN MELALUI METODE YASIRLANA DI SEKOLAH DASAR INTEGRASI PESANTREN (SDIP) AL-ISTIQOMAH SUKODONO LUMAJANG TAHUN 2021

MOH. GHOZAINUL, ILMI (2022) PENERAPAN MEMBACA AL-QURAN MELALUI METODE YASIRLANA DI SEKOLAH DASAR INTEGRASI PESANTREN (SDIP) AL-ISTIQOMAH SUKODONO LUMAJANG TAHUN 2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI REVISI 3 MOH. GHOZAINUL ILMI T20161044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Moh. Ghozainul Ilmi, 2022 : Penerapan Membaca Al-Quran Melalui Metode Yasirlana di Sekolah Dasar Integrasi Pesantren (SDIP) Al-Istiqomah Sukodono Lumajang Tahun 2021.
Kata Kunci : Metode Yasirlana, Membaca Al-Qur’an
Indonesia menduduki peringkat pertama dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, dengan 219 juta muslim. Meskipun miliki penduduk muslim yang besar, Indonesia juga punyai presentasi buta huruf baca al-Quran sangat rendah, yaitu, dari 100% populasi muslim di Indonesia, 65% alami buta huruf dalam membaca Al-Quran. Padahal membaca dan memahami Al-Quran merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Oleh sebab itu, keterampilan membaca al-Quran sekaligus memahami hukum bacanya sejak dini merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi seorang muslim. Mengingat al-Quran sebagai pedoman hidup bagi semua muslim yang harus dibaca, dipahami, dan diamalkan. Banyak metode yang bermunculan dan digunakan oleh beberapa instansi, baik itu dalam pendidikan formal maupun informal dengan tujuan yang sama yaitu untuk terampil membaca al-Quran. Salah satu instansi pendidikan formal yaitu SDIP Al-Istiqomah dibawah naungan yayasan Al-Istiqomah menggunakan metode yasirlana karya dari pengasuh sendiri, yang dimana merupakan pembelajaran membaca al-Quran.
Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka fokus penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan metode yasirlana dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Sekolah Dasar Integrasi Pesantren (SDIP) Al-Istiqomah. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Sekolah Dasar Integrasi Pesantren (SDIP) Al-Istiqomah.
Penelitian ini menggunakan pendekantan penelitian kualitatif deskriptif yang berbentuk penelitian lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan analisa data kondensasi, data display, verifiication dan untuk mengukur keabsahan data mnggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini yaitu: dalam penerapan membaca al-Quran melalui metode yasirlana di SDIP Al-Istiqomah Sukodono Lumajang menggunakan materi buku pedoman berupa jilid 1-4, pelaksanaannya menggunakan cara klasikal dan sorogan, media berupa buku papan tulis dan spidol, tahapan penerapannya yaitu: diawali salam, membaca tawasul, dan al-fatihah, kegiatan inti ustadz mempraktekkan bacaan, lalu dibaca secara klasikal, dilanjutkan membaca secara sorogan, diakhiri doa dan membaca tawasul, evaluasi diantaranya: penilaian harian, penilaian ujian naik kelas, dan penilaian uujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Ghozainul Ilmi
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:36
Last Modified: 01 Aug 2022 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item