STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI “KOPDAR SANTRINE GUS YUS” DALAM MENJALIN UKHUWAH ISLAMIYAHALUMNIDAN PONDOK PESANTREN DARUSSHOLAH JEMBER

HisyamNugroho, Ahmad (2020) STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI “KOPDAR SANTRINE GUS YUS” DALAM MENJALIN UKHUWAH ISLAMIYAHALUMNIDAN PONDOK PESANTREN DARUSSHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad HisyamNugroho_ D2015103.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Ahmad HisyamNugroho : 2020, Strategi Komunikasi Melalui “Kopdar Santrine Gus Yus” Dalam Menjalin Ukhuwah Islamiyah Alumni Dan Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Komunikasi merupakan suatu proses menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan untuk memberitahu, mengubah pola pikir, dan mengutarakan pendapat. Begitupun dengan kopdar santrine Gus Yus adalah suatu wadah komunikasi untuk semua alumni pondok pesantren Darus Sholah yang dibentuk oleh beberapa alumni juga, bukan hanya untuk mempererat silaturrahmi antar sesama alumni melainkan untuk member ruang untuk berdiskusi bersama. Dengan adanya kopdar ini adalah menambah wawasan kepada alumni melalui diskusi dan mengkaji kitab kembali dan tetap berpegang teguh terhadap aliran ahlussunnah yang sudah diajarkan ketika masih di pondok pesantren, dan bisa berkontribusi terhadap masyarakat sekitar. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi Alumni PP. Darus Sholah Jember melalui Kopdar Santrine Gus Yus dalam menjalin Ukhuwah Antar Alumni, (2) Bagaimana bentuk jalinan Ukhuwah Islamiyah antar alumni dan Pesantren melalui Kopdar Santrine Gus Yus. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan memahami strategi komunikasi alumni PP. Darus Sholah Jember melalui Kopdar Santrine Gus Yus dalam menjalin ukhuwah antar Alumni (2) Mendeskripsikan dan memahami strategi komunikasi alumni PP. Darus Sholah Jember melalui Kopdar Santrine Gus Yus dalam menjalin ukhuwah Alumni dan Pesantren. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah field receach. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis Data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian ini maka diperoleh sebuah kesimpulan bahwa (1) Strategi Komunikasi alumni PP Darus Sholah Jember melalui Kopi Darat Santrine Gus Yus dalam meningkatkan Ukhuwah antar alumni. (a) Kopdar Santrine Gus Yus sebagai sarana komunikasi alumni Darus Sholah. (b) Strategi Komunikasi Sumber (Komunikator). (2) Bentuk jalinan Ukhuwah Islamiyah antar alumni dan Pesantren melalui Kopdar Santrine Gus Yus. (a) Terjalinnya komunikasi antar dua kelompok. (b) Ukhuwah Islamiyah adalah Tujuan Strategi Komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180118 Labour Law
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:49
Last Modified: 29 Jul 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

View Item View Item