Self Disclosure Melalui WhatsApp Stories Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Risalul, Maslikha (2022) Self Disclosure Melalui WhatsApp Stories Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Rsalul Maslikha D20173020 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Risalul Maslikha, 2022: Self Disclosure melalui WhatsApp Stories Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci: Self disclosure, WhatsApp stories, kualitatif
Belakangan ini banyak orang lebih memilih melakukan self disclosure melalui media sosial dibandingkan mengungkapkan diri secara langsung kepada orang lain. Media sosial yang paling diminati ke dua saat ini adalah WhatsApp. Para whatsApper mengungkapkan masalah pribadinya melalui WhatsApp Stories seakan dunia harus tau apa yang terjadi padanya tanpa menyadari dampak negatif kedepannya. Fenomena yang terjadi pada Mahasiswa Fakultas Dakwah ialah Mahasiswa Fakultas Dakwah tidak menyadari bahwa pengungkapan diri yang dibagikan melalui WhatsApp stories bersifat privasi yang dapat berdampak negatif bagi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Viewers.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ungkapan terbuka Mahasiswa Fakultas Dakwah melalui WhatsApp stories? 2) Bagaimana ungkapan rahasia Mahasiswa Fakultas Dakwah melalui di WhatsApp stories? 3) Bagaimana ungkapan tidak disadari Mahasiswa Fakultas Dakwah tidak sadari melalui WhatsApp Stories?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ungkapan terbuka Mahasiswa Fakultas Dakwah melalui WhatsApp stories. 2) Untuk mengetahui ungkapan rahasia Mahasiswa Fakultas Dakwah dalam melalui whatsApp stories. 3) Untuk mengetahui ungkapan tidak disadari Mahasiswa Fakultas Dakwah tidak sadari melalui WhatsApp Stories.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan subjek Mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Sedangkan analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Ungkapan terbuka (Daerah terbuka) melalui WhatsApp stories dilakukan dengan membagikan semua informasi, perasaan dan motivasi baik dalam bentuk gambar, video maupun teks.Selain daerah terbuka, ada juga daerah buta yang menampilkan bagian dirinya kepada orang, namun ia tidak menyadarinya dengan membagikan sifat dan kebiasan yang diketahui oleh viewers namun tidak diketahui oleh mahasiswa 2) Ungkapan rahasia (daerah tertutup) melalui WhatsApp stories dilakukan dengan dengan membagikan informasi percintaan dan kondisi keluarga yang tidak diketahui oleh viewers. 3) Dalam ungkapan yang tidak disadari (daerah gelap) melalui WhatsApp stories dilakukan dengan dengan membagikan motif yang mahasiswa dan viewers tidak mengetahuinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Depositing User: Risalul Maslikha
Date Deposited: 30 Jul 2022 04:15
Last Modified: 30 Jul 2022 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item