STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK TANAH WARIS DI DESA JUGLANGAN KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO PRESPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN KUH PERDATA

Mustofa, Ahmad (2021) STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK TANAH WARIS DI DESA JUGLANGAN KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO PRESPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM DAN KUH PERDATA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD MUSTOFA_083 141 004.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Ahmad Mustofa, 2019 : Strategi Penyelesaian Konflik Tanah Waris di desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Prespektif Kompilasi Hukum Islam dan KUH Perdata. Di dalam kehidupan masyarakat bangsa Indonesia kepemilikan hak atas tanah memiliki peranan yang sangat penting, hal ini dapat di lihat dari pengertian hak milik itu sendiri yang bersifat turun-temurun, terkuat dan terpenuhi yang dapat di punyai orang atas suatu tanah dari kata turun-temurun tersebut. Mengingat sensitifnya bidang hukum warisan ini, dan demi untuk menjaga perselisihan dikemudian hari, ada beberapa pewaris yang sudah mengamanatkan pembagian warisannya sesuai dengan kehendaknya, dan hal tersebut diamanatkan kepada ahli warisnya dengan tujuan untuk meredam atau mengatasi suatu konflik di kemudian hari. Fokus penelitian: 1) Apa saja sebab-sebab terjadinya konflik tanah waris di desa juglangan kecamatan panji kabupaten situbondo? 2) Bagaimana strategi masyarakat dalam menyelesaikan konflik tanah waris di desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo ? 3) Bagaimana prespektif KHI dan KUH Perdata terhadap strategi penyelesaian konflik tanah waris di desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo ? Sedangkan tujuan: 1) Untuk menjelaskan, dan mendeskripsikan sebab�sebab Konflik Tanah Waris di Desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. 2) Untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana strategi masyarakat dalam menyelesaikan konflik tanah waris di desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. 3) Untuk menjelaskan dan mendeskripsikan prespektif Kompilasi Hukum Islam dan KUH Perdata terhadap strategi penyelesaian konflik tanah waris di desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini dilakukan secara mendalam digunakan untuk memudahkan peneliti dalam menggali data tentang objek atau situasi sosial, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber metode. Hasil penelitian: 1) Sebab-sebab terjadinya konflik tanah waris sendiri, di sini konlik ada dua bagian diantaranya sebelum dan sesudah meninggal dunia si pewaris, penyebabnya ada dua yaitu, yang pertama kurang pahamnya orang tua untuk mengurus masalah pembagian tanah warisnya, yang kedua ada oknum ahli waris yang tamak ingin menguasai semua tanah waris milik orang tuanya tanpa memikirkan nasib saudaranya, 2) Strategi penyelesaian konflik tanah waris, di desa ini memiliki keistimewaan yang tanggap di dalam mencegah juga menyelesaikan permasalahan tiap unit keluarga maupun tingkat masyarakat, strategi yang dipakai diantaranya; Hibah, Wasiat dan menggunakan pihak ketiga (mediasi). 3) Secara umum strategi tersubut ada di KHI dan KUH Perdata, tetapi secara teknisi pembagiannya tidak menggunakan KHI dan KUH Perdata, melainkan dengan aspek keadilan semata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:38
Last Modified: 12 Oct 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item