ANALISIS PEMENUHAN HAK-HAK TENAGA KERJA PERAWAT SHIFT MALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM KALIWATES, JEMBER)

FATHUROHMAN, FARISKA (2020) ANALISIS PEMENUHAN HAK-HAK TENAGA KERJA PERAWAT SHIFT MALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM KALIWATES, JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FARISKA FATHUROHMAN_. S2016205.pdf - Submitted Version

Download (20MB)

Abstract

Fariska Fathurohman, 2020: Analisis Pemenuhan Hak-Hak Tenaga Kerja Perawat Shift Malam Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Maslahah Mursalah (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Kaliwates, Jember). Setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak bagi kehidupannya, tetapi ada beberapa pekerjaan yang menuntut jam kerja hingga tengah malam karena untuk memberikan layanan yang maksimal, salah satunya adalah menjadi perawat, baik pria maupun wanita. Seorang perawat yang bekerja pada shift malam memiliki resiko lebih tinggi, sehingga mereka mempunyai hak-hak yang harus didapatkan, tetapi masih ada pengusaha yang belum memenuhi sebagaimana telah diatur Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor : Kep.224/MEN/2003 tentang kewajiban pengusaha yang memperkerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00, salah satunya Perusahaan swasta yakni Rumah Sakit Umum Kaliwates, di Kota Jember. Fokus masalah yang diteliti, adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak-hak terhadap tenaga kerja perawat shift malam perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan?. 2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pemenuhan hak-hak tenaga kerja perawat shift malam perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan?. 3) Bagaimana pemenuhan hak-hak perawat shift malam dalam perspektif Maslahah Mursalah?. Tujuan penilitian: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak-hak terhadap tenaga kerja perawat shift malam perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pemenuhan hak-hak tenaga kerja perawat shift malam perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, 3) Untuk mengetahui pemenuhan hak-hak perawat shift malam dalam perspektif Maslahah Mursalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, kuesioner dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dalam bentuk deskriptif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Pada pemenuhan hak-hak tenaga kerja perawat shift malam masih belum maksimal terpenuhi berdasarkan Undang�Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. 2) Kendala dan upaya dalam pemenuhan hak-hak tenaga kerja perawat shift malam telah dilakukan oleh pihak rumah sakit dan perawat dengan menyediakan BPJS Perjalanan dan kesehatan. 3) Dalam pandangan maslahah mursalah bahwasannya hak-hak perawat shift malam yang belum terpenuhi tersebut dapat menimbulkan kemudharatan, karena apabila hak tersebut terpenuhi akan mendatangkan kemanfaatan untuk umum bukan secara pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:37
Last Modified: 29 Jul 2022 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item