TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN KARENA KEALPAAN (ANALISIS KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

Habibah, Wilda Nur Arifatul (2021) TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN KARENA KEALPAAN (ANALISIS KOMPARASI ANTARA HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WILDA NUR ARIFATUL HABIBAH_s20154002.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wilda Nur Arifatul Habibah, S20154013: Tindak Pidana Pembunuhan Karena Kealpaan (Analisis Komparasi Antara Hukum Pidana Indonesia dan Hukum Pidana Islam)
Nyawa adalah barang tidak nampak namun sangatlah berharga. Hilangnya nyawa karena kasus pembunuhan adalah suatu musibah yang sangat berat serta memilukan. Salah satunya pembunuhan tidak sengaja yang acapkali sering terjadi. Pembunuhan tidak sengaja sering dilukiskan karena kurangnya hati-hati oleh pelaku. kurangnya hati-hati, kecerobohan dari pelaku seringkali menyebabkan matinya orang lain
Fokus kajian pada skripsi ini yang diteliti adalah : 1) Bagaimana tindak pidana pembunuhan karena kealpaan menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. 2) Bagaiamana tindak pidana pembunuhan karena kealpaan menurut Hukum Pidana Islam. 3) Bagaimana anilisis komparatif tindak pidana pembunuhan karena kealpaan menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Positif dan Hukum Pidana Islam. Tujuan Skripsi ini adalah untuk menjelaskan tindak pidana pembunuhan tidak sengaja dalam KUHP dan Hukum Pidana Islam serta menjelaskan Unsur dan sanksi untuk mengetahui nilai-nilai yang diharapakan bisa memenuhi keadilan untuk masyarakat beradab.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakan dengan pendekatan undang-undang dan perbandingan. Penelitian kepustakan yang dikategorikan sebagai penelitian hukum normatif/doktrinal dengan bahan hukum primer dan sekunder. bahan hukum primer berupa buku, kertas kerja kenperensi, lokakarya, seminar, laporan penelitian, majalah, disertasi, tesis dan paten. Data sekunder berupa abtrack, indeks, bibliografi, penerbitan pemerintah.
Skripsi ini mendapatkan hasil 1) dalam KUHP tindak pidana pembunuhan karena kealpaan merupakan kelalaian dari seseorang yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain. Dalam KUHP perbuatan karena ini dikategorikan sebagai perbuatan tindak pidana yang diancam hukuman pidana penjara paling lama lima tahun atau kurungan paling lama satu tahun. 2) dalam Hukum Pidana Islam tindak pidana pembunuhan karena kealpaan juga merupakan perbuatan tindak pidana. Hal ini sama dengan KUHP sebab karena lalainya seseorang, kurang hati-hati dan waspada menyebabkan matinya orang lain. 3) dalam KUHP dan Hukum Pidana Islam pembunuhan tidak sengaja ini merupakan perbutan tindak pidana. Keduanya memiliki persamaan dalam unsur-unsurnya yaitu unsur tidak sengaja dalam melakukan perbuatan pembunuhan baik itu kesalahan dengan adanya kesadaran maupun tanpa adanya kesadaran dari pelaku. Dalam KUHP dan Hukum Pidana Islam pembunuhan tidak sengaja sama sama diancam dengan Hukuman. Dalam KUHP pelaku diacaman dengan Hukuman Penjara yang bertujuan untuk menjerakan pelaku karena kecerobonnya, sedangkan dalam Hukum Pidana Islam diancam dengan hukuman denda yang selain untuk menjerakan pelaku, denda tersebut diharapkan mampu membantu bagi derita keluarga korban dan menjadi sisi keadilan sendiri bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: mrs Wilda Habibah
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:33
Last Modified: 10 Aug 2022 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11774

Actions (login required)

View Item View Item