Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Garansi Lifetime Pada Produk Tupperware ( Studi Kasus PT Elang Kharisma Adikarya

MUNAWAROH, HIDAYATUL (2020) Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Garansi Lifetime Pada Produk Tupperware ( Studi Kasus PT Elang Kharisma Adikarya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HIDAYATUL MUNAWAROH_S20162046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Perkembangan IPTEK ini telah menghasilkan berbagai jenis barang yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga mengakibatkan kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Pada saat ini untuk menarik minat konsumen, para produsen atau penjual menggunakan berbagai macam cara yang salah satunya cara yang digunakan adalah dengan menggunakan garansi pada barang yang akan di jual. Beberapa produk memiliki garansi selama beberapa waktu yang telah ditentukan misalnya selama satu tahun atau dua tahun, namun pada saat ini ada juga garansi yang seumur hidup atau bisa disebut lifetime. Garansi lifetime yaitu jika terdapat produk yang cacat atau rusak dalam pemakaian normal sesuai dengan fungsinya, maka konsumen dapat mengajukan klaim sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perusahaan yang menggunakan garansi lifetimesalah satunya adalah Tupperware. Produk Tupperware ini di lindungi oleh Tupperware garansi liftetime atau garansi seumur hidup. Dalam hal ini bagaimana jika ditinjau dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Fokus masalah yang diteliti, ialah: (1) Bagaimana mekanisme mendapatkan Garansi lifetime dalam Produk Tupperware. (2) Bagaimana implementasi garansi lifetime pada produk Tupperware dari konsumen. (3) Bagaimana Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap Mekanisme Garansi lifetime pada Produk Tupperware. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui mekanisme mendapatkan garansi Lifetime dalam Produk Tupperware, untuk mengetahui implementasi garansi lifetime pada peoduk Tupperware dari konsumen, dan untuk mengetahui Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap mekanisme Lifetime pada Produk Tupperware. Dalam penyelesaian tersebut, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Hasil dari penelitian adalah: 1). Prosedur pengambilan klaim garansi ialah, konsumen Sales Force (SF) harus membawa produk yang akan diklaim ke kantor Distributor, dengan catatan, semua bagian produk harus lengkap atau utuh. 2). Dalam hukum islam khususnya Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah tidak ada yang secara jelas menerangkan mengenai garansi, namun garansi memiliki persamaan dengan khiyar ‘aib dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah bab IX bagian keempat tentang khiyar ‘aib. 3) Dalam hal ini peneliti menemukan sedikit penyimpangan dalam pengambilan klaim tersebut, yakni ada salah satu konsumen yang hendak melakukan klaim garansi barang tersebut dipecahkan dengan sengaja hingga menyebabkan kerusakan, maka dari itu bertentangan dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah bab II tentang asas akad pasal 21 huruh g, karena dalam pasalnya setiap akad dilakukan dengan pertanggungjawaban para pihak secara terbuka. Kata kunci: KHES, garansi, garansi lifetimeTupperware.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:30
Last Modified: 29 Jul 2022 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item