MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL QURAN DI PONDOK PESANTREN BAHRUSYSYIFA LUMAJANG DAN PONDOK PESANTREN NAHDLATUL THOLABAH JEMBER

Mohamad Nur, Rohman (2022) MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL QURAN DI PONDOK PESANTREN BAHRUSYSYIFA LUMAJANG DAN PONDOK PESANTREN NAHDLATUL THOLABAH JEMBER. Doctoral thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
setor DISERTASI MOHAMAD NUR ROHMAN 2022 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pesantren dalam perkembangan sudah banyak mengalami perubahan yang segnifikan. Dalam undang – undang No 18 tahun 2019 dan dikuatkan oleh Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantrren, PMA Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan pesantren sebagai sub kultur dan sekaligus sub-sistem pendidikan nasional yang telah mencetak kader – kader bangsa berkualitas. tidak dapat dipungkiri bahwa hasil berkualitasnya pesantren karena penerapan managemen pesantren.
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Bahrusysyifa Lumajang dan Pondok Pesantren Nahdlatul Tholabah Jember. Adapun teori-teori yang digunakan dalam landasan untuk mengkaji focus penelitian tersebut yakni : Grand theory: Manajemen(Richard A. Gorton, 2009), Midle theory: Pembelajaran (Gangne dan Kemp,1985), Aplied theory: Perencanaan pembelajaran (Steven P French,2019), Pelaksanaan pembelajaran (John Flavell,1976), dan evaluasi pembelajaran (Gerald W. Brown, 1977).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada fenomenalogis di lapangan pada multikasus. Seting penelitian ini melibatkan 2 pesantren, di antaranya; Pesantren Bahrusysyifa Bangusari Lumajang, Pesantren Nahdlatul Tholabah Jember. Subyek dari penelitian adalah mudir, pengurus pesantren,para asatid,para santri,pengurus yayasan dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik menganalisis melalui reduksi data,penyajian data dan ferifikasi data. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas,transfer ability, dependability dan confirm ability.
Hasil Temuan ini yaitu: Pertama, pengelolaan perencanaan program tahfidz Al-qur’an merupakan keterlibatan kyai dan para asatidz dalam merumuskan, mengelola dan mengontrol program tahfidz al-qur’an dalam pengembangan tujuan pesantren secara optimal yang bercirikhas pesantren. Konsep perencanaan lebih spesifik mengarah pada perencanaan berbasis skill dan penyusunan Visi, Misi dan tujuan pesantren; Kedua, penerapan program tahfidz Al-Qur’an pada hakekatnya peranan kyai, para asatid dan santri dalam rekrutmen santri dan pembimbing, penempatan pemondokan, rencana strategis pesantren dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode gabungan yang telah dimodifikasi oleh para pengasuh pesantren.; Ketiga, evaluasi program tahfidzul Qur’an memfokuskan pada evaluasi input, proses, dan output, sedangkan untuk evaluasi konteks bersifat kondisional. Artinya ada sebuah upaya untuk terus memperbaiki jalannya Program tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Nur Rohman
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:54
Last Modified: 09 Aug 2022 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item