Strategi Keluarga Long Distance Relationship Dalam Mengupayakan Keharmonisan Keluarga Di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

KHOMARIYAH, NURUL (2020) Strategi Keluarga Long Distance Relationship Dalam Mengupayakan Keharmonisan Keluarga Di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL KHOMARIYAH_ D20153018.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

lakukan fungsi serta perannya masing-masing serta untuk bersosialisasi antara setiap anggota keluarga yang ada didalamnya, namun seiring berkembangnya teknologi terjadi perubahan dalam masyarakat yang memaksa seseorang untuk bermigrasi termasuk juga anggota keluarga, baik keluarga yang baru menikah maupun yang sudah lama berumah tangga. Pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh dihadapkan kepada fakta bahwa jarak merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi. Hal ini lah yang disebut dengan long distance relationship atau long distance marital in relationship. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi keluarga long distance relationship (ldr) dalam mengupayakan keharmonisan keluarga di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi keluarga long distance relationship (ldr) dalam mengupayakan keharmonisan keluarga di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber, trianggulasi metode atau teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat tiga keluarga yang menjalani hubungan pernikahan long distance relationship di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember yang tetap harmonis dengan menggunakan strategi yang mereka lakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi diantaranya: masalah kepercyaan dengan sering menelpon stiap harinya, masalah keamanan dengan cara mengajak saudara tinggal bersama dan masalah biologis diselesaikan dengan cara berpuasa dan “main sendiri”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:06
Last Modified: 01 Aug 2022 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item