PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN TERPADU AL FAUZAN LUMAJANG

Naning, Maryana (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN TERPADU AL FAUZAN LUMAJANG. Masters thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
203206010025_Naning Maryana.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya peranan guru dalam pembelajaran, maka dibutuhkan adanya upaya peningkatan kinerja guru melalui suatu pemberian bimbingan dan juga dorongan dari kepala sekolah. Bimbingan kepala sekolah terhadap guru berkenaan dengan kegiatan pembelajaran dikenal dengan istilah supervisi akademik.
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) apakah perencanaan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru?, (2) apakah pelaksanaan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru?, (3) apakah evaluasi supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru ?, (4) apakah supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah
Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang? Tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perencanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik terhadap kinerja guru, (3) pengaruh evaluasi supervisi akademik terhadap kinerja guru, (4) pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Pesantren Terpadu Al Fauzan Lumajang.
Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Glickman bahwa supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses belajar mengajar demi pencapaian tujuan pembelajaran dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut pembelajaran, sehingga menghasilkan capaian kinerja guru yang optimal. Komponen Kinerja guru menggunakan teori Gronlund & Linn, bahwa kinerja guru merupakan suatu sistem secara sistematis yang mencangkup kegiatan pengumpulan, menganalisis, serta menginterpretasikan informasi untuk menentukan sejauh mana tujuan mencapai titik mencapaian yang telah di tentukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Data di ambil dari seluruh populasi guru berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Berdasarkan uji regresi menunjukkan bahwa (1) perencanaan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk dalam kategori cukup kuat sebesar 53,8%, (2) pelaksanaan supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk dalam kategori kuat sebesar 91,8%,, (3) evaluasi supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk dalam kategori cukup kuat sebesar 57,6%, (4)supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 88,1% dengan kategori sangat kuat. Oleh karena itu agar kinerja guru meningkat, maka supervisi akademik harus dilaksanakan secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs. Naning Maryana
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:46
Last Modified: 03 Aug 2022 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item