Pengintegrasian Higher Order Thing Skills ke Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Era New Normal di MIN 2 Jember

Alfiah, Alfiah (2022) Pengintegrasian Higher Order Thing Skills ke Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Era New Normal di MIN 2 Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Alfiah_0849418022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Alfiah. 2020. Pengintegrasian Higher Order Thinking Skills Ke dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Era New Normal di MIN 2 Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. Dyah Nawangsari, M. Ag. Pembimbing II: Dr. Khotibul Umam, MA

Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran Tematik Terpadu

Menghadapi Era 4.0 dituntut generasi Indonesia yang berkualitas mampu bersaing, bersanding bahkan bertanding dalam era globalisasi, yang penuh dengan berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin hari semakin rumit dan kompleks. Karena itu dibutuhkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman yaitu mengintegrasikan pembelajaran abad 21 dalam proses belajar mengajar di kelas yaitu pembelajaran Higher Order Thinking Skills.

Fokus Penelitian yaitu: 1) Bagaimana pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember? 2) Bagaimana pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam pelaksanaanpembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember? 3) Bagaimana pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam evaluasi pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember?.

Tujuan Penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember. 3) mendeskripsikan pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam evaluasi pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan Data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan analisis model Miles dan Hubberman. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kegiatan pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam perencanaan pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember dilakukan melalui a) Analisis KI-KD, b) Pembuatan RPP. 2) Pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 meliputi a) Kegiatan Pendahuluan, b) Kegiatan Inti, dan c) Kegiatan Penutup. 3) Pengintegrasian Higher Order Thinking Skills ke dalam evaluasi pembelajaran tematik terpadu pada Era New Normal di MIN 2 Jember terdiri dari a) Penilaian Sikap (KI-1 dan KI-2), b) Penilaian Pengetahuan (KI-3), c) Penilaian Keterampilan. (KI-4).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Alfiah Alfiah
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:48
Last Modified: 03 Aug 2022 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item View Item