PANDANGAN TOKOH MUSLIM JEMBER TERHADAP BUNGA PINJAMAN KOPERASI (STUDI INTERPRETASI TERHADAP QS. AL-BAQARAH: 275)

QURROTUL, AINI (2022) PANDANGAN TOKOH MUSLIM JEMBER TERHADAP BUNGA PINJAMAN KOPERASI (STUDI INTERPRETASI TERHADAP QS. AL-BAQARAH: 275). Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
QURROTUL AINI_U20151038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qurrotul Aini, 2022: Pandangan Tokoh Muslim Jember terhadap Bunga Pinjaman Koperasi (Studi Interpretasi terhadap QS: Al-Baqarah: 275)
Kata kunci: Bunga Koperasi, QS: Al-Baqarah: 275
Studi ini mengkaji interpretasi terhadap QS. Al-Baqarah: 275 yang dilakukan oleh para tokoh muslim jember tentang bunga pinjaman koperasi. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab persoalan: bagaimana pandangan tokoh muslim Jember terhadap QS. Al-Baqarah: 275, bagaimana pandangan tokoh muslim Jember terhadap praktek bunga simpan pinjam koperasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni mendapatkan pemahaman kompleks yang ada dalam interaksi manusia, dan berdasarkan lokasinya, maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi yang dilakukan di kota jember dengan subyek penelitian para tokoh muslim yang ada di kota tersebut. Pengumpulan daa yang dilakukan adalah dengan: a) obsesvasi, b) wawancara, dan c) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interpretasi terhadap QS. Al-Baqarah:275 terkait bunga para tokoh muslim berpendapat fbahwa riba merupakan suatu perbuatan yang dilarang oleh Allah Ta’ala. Karena Allah telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 275 yang berbunyi “padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. Beberapa fpandangan ftokoh muslim fJember fterhadap fbunga fpinjaman fkoperasi, fantara flain: membolehkan fmenggunakan ftransaksi fkoperasi fdengan fsyarat fmenggunakan fsistem fkoperasi fyang fsyari’ah, melarang fmenggunakan ftrasansaksi fkoperasi fkarena fhal ftersebut fmasih fbisa fdihindari fmenggunakan ftransaksi fjalan flain fseperti ftransaksi fyang fdilakukan fbank fdengan falasan fsaat fini fmanusia fbelum fmenemukan fjalan fkeluar funtuk fmenghindari ftransaksi ftersebut. menghindari ftransaksi fkoperasi fjika fdidasari funtuk fmencari fmakan fsaja, fdan flebih fbaik fhal ftersebut fditinggalakan. f

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bunga Koperasi, QS: Al-Baqarah: 275
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Qurrotul Aini
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:32
Last Modified: 26 Aug 2022 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item