Metode Bimbingan Rohani Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Lansia Di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi.

Fatmiasih, Rica Desy (2020) Metode Bimbingan Rohani Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Lansia Di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rica Desy Fatmiasih_D20153005.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Sebelum masuk di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi kebanyakan lansia mengalami sensitif, depresi, kurang perhatian, tidak ada aktivitas, tidak ada teman dan tidak mempunyai tujuan hidup, banyak diantara mereka bahkan tidak hafal bacaan sholat dan tidak bisa membaca al-qur’an oleh karena itu bimbingan rohani sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan mental lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kesehatan mental lansia sebelum diberikan bimbingan rohani, dalam penelitian ini didasarkan dalam kerangka pemikiran bahwa lanjut usia memiliki kepribadian seperti sensitif, depresi, kurang perhatian, tidak ada aktivitas, tidak ada teman dan tidak mempunyai tujuan hidup. Hal itu merupakan tanggung jawab bersama untuk memberikan bimbingan rohani agar mental lansia meningkat dan diaplikasikan pada seluruh aktivitas lansia karena orang yang sehat mentalnya akan dapat keterpaduan antara prilkaku, perasaan, pikiran, dan jiwa keberagamaannya kearah yang sesuai dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Masalah inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengkaji metode bimbingan rohani dalam meningkatkan kesehatan mental lansia di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode bimbingan rohani dalam meningkatkan kesehatan mental lansia di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi?. (2) Apa saja Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Metode Bimbingan Rohani Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Lansia di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode bimbingan rohani dalam meningkatkan kesehatan mental lansia di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi (2) Untuk mendeskripsikan faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Metode Bimbingan Rohani Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Lansia di Dinas Sosial Provinsi UPT Pelayanan Sosial Tresna Werda Banyuwangi Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menujukkan bahwa tahapan pelaksanaan metode bimbingan rohani menggunakan satu metode: metode kelompok yang berupa ceramah dilakukan secara langsung. Dampak yang dirasakan oleh lansia tersebut setelah mengikuti bimbingan rohani berupa materi tentang thaharah dan shalat yaitu lansia merasakan ketenangan dalam menjalani hidup, bisa mengendalikan emosinya dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, serta kekhusyu’an dalam beribadah. Kata Kunci: Metode Bimbingan Rohani, Lansia, Kesehatan Mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:41
Last Modified: 01 Aug 2022 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item