Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

MAHFUDHOH, ROFIATUL (2020) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROFIATUL MAHFUDHOH_D20162018.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan dimana masyarakat mempunyai inisiatif untuk memulai suatu proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisinya. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata sangat berpengaruh bagi masyarakat karena wisata yang dikembangkan melalui kearifan lokal dapat membawa banyak manfaat, terutama di bidang perekonomian dan masyarakat memiliki peran penting dalam pembangunannya agar menjadi berdaya dan mandiri. Penelitian ini fokus pada bagaimana upaya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang ada di wisata Pantai Duta dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis. Teknik pengumpulan datanya meliputi: Metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data penelitian menggunakan Purposive. Adapun analisis datanya menggunakan tiga teknik, yaitu: Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil dari penelitian: Upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo dengan: a. Pemberdayaan di bidang ekonomi dengan Membuka warung�warung kuliner, ekonomi katering wisata, menyediakan atau membuka tempat penyewaan barang-barang yang dibutuhkan wisatawan, membangun objek wisata yang menarik, sarana dan prasarana yang kembali dibangun, c. Pemberdayaan dalam SDA, d. Konservasi lingkungan, e. Adanya program bimbingan penelitian lingkungan dan juga Program sadar literasi, f. Pelatihan tentang pemandu wisata, g. Meningkatkan kualitas SDM. Faktor pendukung: a. Tingginya partisipasi masyarakat, kerja sama dan gotong royong masyarakat dalam melestarikan lingkungan, b. Adanya dukungan dari pemerintah, c. Adanya pelatihan sadar wisata, d. Pembangunan Infrastruktur yang semakin baik. Faktor Penghambat: a. Kurangnya objek wisata yang baru, b. Kurangnya fasilitas lahan parkir pada hari libur c. belum tersedianya suvenir khas pandai duta, lebih tepatnya kurangnya pelatihan tentang kesenian atau kekreatifan, d. Adanya kecemburuan sosial dalam segi pendapatan. Kata Kunci: Pemberdayaan, Masyarakat, Pengembangan Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:39
Last Modified: 01 Aug 2022 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item