“Strategi Komunikasi Radio Mutiara FM dalam Program Dakwah Ngaji Bareng Untuk meningkatkan Jumlah Pendengar”

SYAFA’AH, WILDAN MUKHLISHAH (2020) “Strategi Komunikasi Radio Mutiara FM dalam Program Dakwah Ngaji Bareng Untuk meningkatkan Jumlah Pendengar”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILDAN MUKHLISHAH SYAFA’AH_ D20161068.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Radio Mutiara FM saat ini berada pada masa transisi dan melakukan perubahan total pada programnya, memilih untuk menghadirkan program dakhwah di dalamnya. Tentunya dengan adanya perubahan total pada programnya, Radio Mutiara FM dituntut untuk menghadirkan strategi komunikasi yang baru agar pendengar lama tetap tertarik bahkan meningkatkan jumlah pendengarnya, terlebih karena selama sebelas tahun Radio Mutiara FM dikenal dengan radio yang berisi banyak tentang budaya, terlihat dari segala program yang disuguhkannya. Radio Mutiara FM harus mampu memilih dan menerapkan strategi yang baik agar mampu meningkatkan jumlah pendengarnya, karena jumlah pendengar juga menjadi salah satu penentu bagi masa depan perusahaan radio. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi komunikasi Radio Mutiara FM dalam program dakwah Ngaji Bareng untuk meningkatkan jumlah pendengar? 2) Bagaimana respon pendengar terhadap program dakwah Ngaji Bareng?. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah 1) mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi Radio Mutiara FM dalam program dakwah Ngaji Bareng untuk meningkatkan jumlah pendengar. 2) mengetahui dan mendeskripsikan respon pendengar terhadap program dakwah Ngaji Bareng. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung serta online dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) dalam penyusunan strategi komunikasi pada program dakwah Ngaji Bareng untuk meningkatkan jumlah pendengar, Radio Mutiara FM benar-benar memperhatikan segala unsur komunikasinya, mulai dari komunikator, komunikan, pesan, media dan efek. Sebagaimana model komunikasi yang dijelaskan oleh Harold D. Lasswell. Beberapa hal juga dilakukan oleh Radio Mutiara FM sebelum menerapkan strategi komunikasi diantaranya mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode dan memilih media. 2.) Respon dari pendengar terhadap program dakwah Ngaji Bareng cukup beragam, hal ini disebabkan perbedaan latar belakang, kebutuhan dan kepuasan pendengar itu sendiri sesuai dengan yang dijelasankan pada teori Uses and Gratification.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:33
Last Modified: 01 Aug 2022 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item