Pemberdayaan Masyarakat Melalui Krajinan Tangan Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi

Anggraini, Wilujeng (2020) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Krajinan Tangan Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wilujeng Anggraini_ D20262031.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di desa Gintangan adalah pemberdayaan masyarakat melalui sanggar kerajinan tangan yang memanfaatkan potensi alam seperti pohon bambu. Kerajinan anyaman bambu sudah ada sejak tahun 1970 an. Desa Gintangan sejak dulu terkenal sebagai sentral kerajinan alat rumah tangga seperti hirek (wadah buat mencuci sayuran), kukusan (wadah untuk memasak nasi), tenong (tempat nasi), tampah (wadah buat jemur seperti, nasi, krupuk, ikan asin, dll) tetapi semakin berkembangnya jaman model kerajinan anyaman bambu semakin moderen seperti kotak tisu, lampu dinding, lampu hias, songkok, kranjang buah, kranjang baju, dan masih banyak lainnya Salah satu pendiri sanggar kerajinan tangan yang ada di desa Gintangan yaitu bapak Widodo, beliau mendirikan sanggar tersebut pada tahun 1991 dengan tujuan mengoptimalkan potensi-potensi masyarakat di bidang kerajinan tangan melalui sanggar yang beliau dirikan. Dengan adanya sanggar yang didirikan bapak Widodo tersebut masyarakat dapat mengembangkan ketrampilan mereka dengan membuat anyaman yang berbahan dari bambu. Mereka terus di dampingi serta dilatih untuk mengasah ketrampilan mereka dan menciptakan hal-hal yang baru. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana upaya sanggar kerajinan tangan dalam memperdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Gintangan, 2) apa saja hambatan sanggar kerajinan tangan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Gintangan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui upaya sanggar kerajinan tangan dalam memperdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Gintangan. 2) untuk mengetahui hambatan sanggar kerajinan tangan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Gintangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Untuk mencapai validitas, data yang digunakan triangulasi data berdasarkan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Upaya sanggar kerajinan tangan Widya Handicraft dalam memperdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Gintangan diantaranya; a) Pendampingan, b) Pelatihan. 2) Faktor pendorong serta hambatan sanggar kerajinan tangan Widya Handicraft dalam memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gintang, yaitu; a) Faktor pendukung yang meliputi faktor internal dan faktor eksternal sedangkan hambatan juga terdapat dua faktor yaitu faktor internal yaitu proses produksi dan faktor eksternal yaitu proses pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:30
Last Modified: 01 Aug 2022 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item