“Bentuk Perjuangan KH. Mukhtar Syafa’at Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tahun 1951-1991”.

Hasanah, Ni’matul (2020) “Bentuk Perjuangan KH. Mukhtar Syafa’at Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tahun 1951-1991”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ni’matul Hasanah_U20164038.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Perjuangan pendidikan Islam di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pengaruh kiai. Bukan hanya mencakup pendidikan saja, kiai mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perkembangan lainya seperti ekonomi, sosial dan budaya. Sedangkan dalam hal pendidikan, ia wujudkan melalui adanya pesantren. Kiai sendiri adalah tokoh sentral dalam tata kehidupan pesantren, sekaligus sebagai pemimpin pesantren sehingga sudah sewajarnya jika pertumbuhan suatu pesantren tergantung kepada kemampuan pribadi kiainya. Keteladanan kiai juga sangat berpengaruh terhadap masyarakat sekitar pondok pesantren, agar kiai mampu menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian tentang KH. Mukhtar Syafa’at ini, penulis memposisikan sebagai jawaban atas figur dari kiai tersebut. Penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai sosok KH. Mukhtar Syafa’at. Dalam penelitian ini, penulis dapat memfokuskan masalah yaitu: Bagaimana sejarah berdirinya Pondok Pesantren Darussalam Blokagung? Apa bentuk perjuangan KH. Mukhtar Syafa’at dalam mengembangkan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung tahun 1951-1991? Bagaimana pengaruh KH. Mukhtar Syafa’at dalam perkembangan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung terhadap masyarakat? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk perjuangan dan hasilnya terhadap Pondok Pesantren Darussalam Blokagung dan masyarakat. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Adapun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis meliputi: Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Teori yang diambil dari penelitian ini adalah teori peran menurut Livinson dan teori kepemimpinan kharismatik oleh Max Weber. Dari hasil penelitian di lapangan, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: Pertama, KH. Mukhtar Syafa’at adalah putra Abdul Ghofur yang terlahir pada tahun 1919 M. KH. Mukhtar Syafa’at pertama belajar di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang dan melanjutkan ke pesantren Banyuwangi yaitu Pondok Pesantren Tasmirit Thalabah Muncar dan terakhir Ibrahimi Jalen. Kedua, kontribusi yang dilakukan KH. Mukhtar Syafa’at adalah Pendirian Pondok Pesantren Darussalam Blokagung hingga mengembangkannya dengan mengkombinasikan pendidikan agama dan pendidikan umum, tanpa merubah tradisi lama. seperti mendirikan sekolah formal dan non formal. Namun, yang menjadi ciri khas dari pesantren tersebut adalah kuatnya ajaran sufistik yang merujuk pada tasawuf Imam Al-Ghazali dalam kehidupan para santri. Kata Kunci: Perjuangan, KH. Mukhtar Syafa’at, Pesantren, Perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:55
Last Modified: 02 Aug 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item