Pembacaan Zikir Tarekat Hizb Nahdlatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah Praya Lombok Tengah (Studi Living Qur’ân)

Handayani, Wiwik (2020) Pembacaan Zikir Tarekat Hizb Nahdlatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin Nw Mispalah Praya Lombok Tengah (Studi Living Qur’ân). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wiwik Handayani_U20151044.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’ân adalah sebagai sumber utama ajaran Islam dan petunjuk hidup bagi umat Islam. Pemahaman dan pemaknaan masyarakat terhadap al-Qur’ân sangat beragam, dalam penelitian ini dipaparkan salah satu respons masyarakat terhadap al-Qur’ân, yaitu Warga Pondok Pesantren Darul Muhibbin yang menjadikan ayat al-Qur’ân sebagai bacaan Zikir Tarekat Hizb Nahdlatul Wathan setiap selesai Shalat Fardhu Sebagai Tradisi Warga Nahdlatul Wathan . Zikir Tarekat Hizb Nahdhatul Wathan adalah salah satu tarekat yang berkembang di kabupaten lombok yang didirikan oleh Tuan Guru K.H Zainiddin Abdul Majid pada tahun 1964. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktek pembacaan Zikir tarekat Hizb Nadhatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah Praya Lombok Tengah? 2) Bagaimana pemaknaan Asatidz dan santri terhadap Pembacaan Zikir tarekat Hizb Nadhatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah Praya Lombok Tengah?. Tujuan Penelitian adalah: (1. Untuk mendeskripsikan praktek pembacaan Zikir tarekat Hizb Nadhatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah Praya Lombok Tengah? 2). Untuk mendeskripsikan Makna pembacaan Zikir tarekat Hizb Nadhatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah Praya Lombok Tengah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan jenis Fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, pembacaan Zikir tarekat Hizb Nahdlatul Wathan adalah ketika Sesudah Membaca Zikir Wirid pada umumnya Setelah Melakukan Shalat Fardhu yang dipimpin oleh Ustadz atau Mu’alim yang mendapat tugas pada saat itu. Dan santri yang mengamalkan Zikir Tarekat ini adalah santri yang sudah di Ba’iat. Kedua, makna Zikir Tarekat Hizb Nahdlatul Wathan ialah maksud dari pembacaan Zikir ini untuk Menyambung silaturrahim kepada almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Abdul Majid Sebagai pendiri Tarekat ini, dan diharapkan Ketika Zikir Tarekat ini dibaca akan memberikan dampak baik kepada yang membaca, kepada santri memberikan ketenangan dan kenyamanan berada di pesantren, memudahkan mereka dalam belajar terutama dalam menghafal al�Qur’ân, dan juga sebagai benteng bagi masyarakat Nahdlatul Wathan yang mengamalkan Zikir Tarekat ini ketika tertimpa Musibah. Adapun makna tersirat pembacaan Zikir Tarekat ini adalah tidak lain hanya sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:56
Last Modified: 02 Aug 2022 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item