Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Nuris Jember

Jannah, Intan Faizatul (2022) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setiap siswa pasti menginginkan hasil belajar yang maksimal sehingga mampu berhasil dan mendapatkan prestasi lebih baik. Hasil Belajar didalam proses belajar mengajar tidak selamanya selalu berhasil, adakalanya mengalami hambatan atau kesulitan, kegagalan atau keterlambatan. Hasil belajar siswa ini dipengaruhi beberapa faktor baik intern maupun ekstern.Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa (X1) dan Lingkungan Teman Sebaya (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) pada Mata Pelajaran Matematika di SMP NURIS Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember. 2)Untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel 119 responden dari total populasi sebesar 210 siswa kelas VII SMP NURIS Jember. Teknik pengujian instrumen penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas.Adapun terknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda. Dalam analisis linier berganda.Namun sebelum melakukan analisis regresi, lebih dulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik, yaitu: Linearitas, Normalitas, Heteroskedastisitas dan Mulitiolinieritas
Hasil penelitian ini adalah: 1) Secara parsial disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember. (0,039 > 0,05). 2) Secara parsial lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember (0,409 > 0,05). 4). Secara simultan disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP NURIS Jember.

Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Me Intan Faizatul Jannah
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:41
Last Modified: 03 Aug 2022 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item