Pembacaan Ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi Zikir Râtib al-Haddâd (Study Kasus: Pondok Pesantren al-Fattah Yayasan Nurul Amien Pecalongan Sukosari Bondowoso)

Kari, Indrawati (2020) Pembacaan Ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi Zikir Râtib al-Haddâd (Study Kasus: Pondok Pesantren al-Fattah Yayasan Nurul Amien Pecalongan Sukosari Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indrawati Kari_U20151043.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi umat Islam, di dalam al-Qur’an terdapat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan manusia serta manusia dengan alam sekitarnya. dalam penelitian ini dipaparkan salah satu respon Santriwati terhadap al-Qur’an, yaitu mengenai zikir Râtib al-Haddâd di Pondok Pesantren al-Fattah yang menjadikan ayat-ayat al-Qur’an sebagai bacaan rutin dalam zikir. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd? 2) Bagaimana latar belakang pembacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dijadikan sebagai zikir dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd? 3). Bagaimana makna dari pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd bagi Pembina, pengurus, dan santriwati Pondok Pesantren Al-Fattah Yayasan Nurul Amien Pecalongan Sukosari Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd, 2) Untuk mendeskripsikan latar belakang pembacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dijadikan sebagai zikir dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd, 3) Untuk menganalisis makna dari pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd bagi Pembina, pengurus, dan santriwati Pondok Pesantren Al-Fattah Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan jenis penenelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd di Pondok Pesantren al-Fattah Yayasan Nurul Amien Pecalongan Sukosari Bondowoso, dilaksanakan setiap hari senin malam di masjid Abdullah Khaujah secara berjama’ah yang dipimpin oleh pengurus atau santriwati yang dianggap fashih bacaan al-Qur’annya. Kedua, latar belakang pembacaan ayat�ayat al-Qur’an yang dijadikan sebagai zikir dalam Tradisi zikir Râtib al-Haddâd ini adalah karena adanya santriwati dan pengurus yang diganggu oleh jin. Ketiga, makna dari pembacaan ayat zikir Râtib al-Haddâd ini salah satu makna yang dimaksudkan adalah untuk menjaga santriwati dari segala gangguan jin, karena ayat dan zikir yang terdapat dalam Râtib al-Haddâd merupakan ayat ruqyah serta zikir-zikir perlindungan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:40
Last Modified: 02 Aug 2022 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item