Pengaruh Penggunaan Strategi Spiritual Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Glenmore Tahun Pelajaran 2020-2021

Sa'adah, Fathiyatus (2021) Pengaruh Penggunaan Strategi Spiritual Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Glenmore Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH. ACHMAD SHIDDIQ.

[img] Text
fathiyatus sa'adah_T20161240.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

FathiyatusSa’adah (T20161240) : “PengaruhPenggunaanStrategi Spiritual Teaching terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Glenmore tahun pelajaran 2020/2021”.

Pembelajaran yang unggul memerlukan peran guru yang profesional. Guru sebagai arsitek perubahan perilaku siswa dan sekaligus sebagai model teladan siswa yang paripurna. Guru yang kurang profesional, kurang bersahabat dengan siswa dan kurang bergairah dalam mengajar tidak membuat siswa menjadi semangat dalam belajar, akan tetapi malah membuat siswa tidak nyaman saat belajar. Sehingga minat belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran di kelas akan semakin menurun, hal itu tentunya akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Pendidikan yang semestinya diharapkan mampu mecetak manusia-manusia berbudi luhur (akhlakul karimah), ternyata lebih dipahami hanya sekedar memenuhi perintah mencari ilmu secara normatif, sehingga dirasa kurang menyentuh dimensi spiritual secara substantif. Akibatnya, nilai-nilai essoteris wahyu terpisah dari pribadi prserta didik yang lebih mengandalkan kekuatan rasional semata. Era globalisasi dewasa ini, di samping menjadi koridor yang dapat memberikan harapan baru bagi masa depan umat manusia, ternyata juga telah mereduksi kehidupan manusia sebagai mahluk yang utuh yang terdiri dari dimensi material dan spiritual.Salah satu cara dalam pencarian dimensi spiritual (keruhanian) bagi peserta didik adalah dengan menerapkan pendidikan spiritual (spiritual teaching).
Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: 1) adakahpengaruhstrategi spiritual teaching dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Glenmore ? 2) Seberapa besar motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Glenmore pada mata pelajara Pendidikan Agama Islam ? 3) Apakah terdapat pengaruh strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Glenmore pada mata pelajar Pendidikan Agama Islam?
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana peneliti memberikan perlakuan pada subjek dan melihat pengaruhnya dalam eksperimen tersebut. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling yaitu sebanyak 12 siswa kelas 9 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Glenmore.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian sebagai berikut:1) Tidak terdapat pengaruh antara strategi spiritual teaching terhdap matapelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan bahwa tingkat korelasi hasilpenelitian ini berada pada taraf 0,00-0,199 hal ini tidak terdapat korelasi antara strategi spiritual teaching. 2) Besarnya motivasi belajar siswa terhadap matapelajaran PAI yaitu 0,596% dalam koefisien determinasi penelitian ini.Hal ini tidak ada pengaruh motivasi belajar siswa pada matapelajaran PAI. 3) Tidak ada pengaruh strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini karena tingkat korelasi dalam penelitian ini padataraf awalya itu tidak ada korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080709 Social and Community Informatics
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mom Fathiyatus sa'adah
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:06
Last Modified: 05 Aug 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item